Urutan dalam Rantai Makanan

Urutan dalam Rantai Makanan

Urutan dalam Rantai Makanan

Berikut ini penjelasan dari urutan dalamĀ rantai makanan:

Produsen

Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri. Produsen mendapatkan energi dari makanan yang dibuat dengan bantuan cahaya matahari. Produsen juga menjadi sumber makanan untuk makhluk hidup lain. Semua tumbuhan hijau dan plankton tumbuhan (fitoplankton) merupakan produsen.

Konsumen

Konsumen adalah makhluk hidup yang mendapatkan makanan dari makhluk hidup lain. Konsumen tingkat I memakan produsen, konsumen tingkat II memakan konsumen tingkat I, dan seterusnya. Konsumen tingkat IV disebut juga konsumen puncak. Tidak ada hewan yang memakan konsumen puncak. Manusia dan burung elang adalah contoh konsumen puncak. Konsumen tingkat I adalah hewan pemakan tumbuhan (herbivora). Konsumen tingkat II, III, dan IV merupakan pemakan daging (karnivora), dan beberapa diantaranya pemakan segalanya (omnivora).

Pengurai

Setiap makhluk hidup yang mati dan sisa-sisa makanan akan diuraikan oleh makhluk hidup pengurai. Bakteri dan jamur merupakan pengurai. Pengurai bertugas menguraikan sisa-sisa makhluk hidup sehingga menjadi hancur. Sisa-sisa makhluk hidup yang sudah hancur akan diuraikan menjadi lebih kecil lagi sehingga bisa diserap oleh tanah. Hasil penguraian tersebut menjadi zat-zat hara yang berguna bagi bakteri, jamur, dan tumbuhan. Tumbuhan menggunakan zat hara untuk membuat makanan.

Setiap hewan memlilki makanan yang bermacam-macam, baik berupa hewan lain maupun tumbuhan. Setiap tumbuhan atau hewan juga menjadi makanan bagi hewan yang berbeda-beda. Maka, rantai makanan yang terbentuk pun tidak hanya satu. Suatu ekosistem memiliki beberapa rantai makanan. Kumpulan rantai makanan tersebut dinamakan jaring-jaring makanan.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/

icpwa