Tujuan, Peran dan Fungsi Riset Pasar

Tujuan, Peran dan Fungsi Riset Pasar

Tujuan, Peran dan Fungsi Riset Pasar

Tujuan Riset Pasar

Adapun menurut Doman “2002”, ada 4 tujuan dasar dan riset pasar yaitu:

  • Menganalisis Pasar

Riset analisis pasar membantu memperhitungkan potensi pasar untuk produk, jasa atau usaha baru. Analisis pasar dapat memberikan informasi mengenai calon pelanggan, pasar potensial, lokasi usaha dan pesaing.


  • Menganalisis Tanggapan Pasar Terhadap Suatu Produk Atau Jasa

Analisis ini dimaksudkan untuk memperhitungkan potensi produk atau jasa di pasar. Pengkajian bisa dilakukan sebelum suatu produk diperkenalkan. Survei juga bisa dilakukan untuk meningkatkan pemasaran atau produk.

  • Menganalisis Efektivitas Iklan Atau Promosi Dan Perusahaan

Riset ini membantu pemilik perusahaan untuk menyeleksi media periklanan yang paling efektif dan paling cost-effective.


  • Menyusun Strategi

Pengkajian perencanaan strategis melacak pertumbuhan atau kemerosotan pasar-pasar yang sudah ada dan membantu menemukan produk-produk atau jasa-jasa apa yang akan sukses dalam pasar tersebut, riset perencaan strategis biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang sudah mapan.

Peran Dan Fungsi Riset Pasar

Riset pemasaran memainkan dua peranan kunci dalam sistem pemasaran. Pertama riset tersebut merupakan bagian dari proses umpan balik intelijen pemasaran yang menyediakan data-data tentang keefektifan bauran pemasaran saat ini dan memberikan wawasan untuk perubahan yang diperlukan kepada para pengambil keputusan. Kedua riset pemasaran merupakan alat utama dalam menelusuri peluang baru dipasaran, riset segmentasi dan riset produk baru membantu mengindentifikasi peluang yang paling menguntungkan bagi manajer pemasaran.


Fungsi riset pasar berkaiatan dengan bagaimana pihak manajemen menggunakannya yaitu:

  • Planning “Perencanaan”
    Perencanaan berkaitan dengan menentukan peluang pasar meliputi Segmentation, Demand estimation dan Environmental assessment.
  • Problem Solving “Pemecahan Masalah”
    Riset pasar untuk Problem Solving lebih fokus kepada membuat keputusan jangka pendek dan keputusan jangka panjang, meliputi Product “produk”, Price “Harga”, Place “Tempat” dan Promotion “promosi”.
  • Control “Pengendalian”
    Contorl-Oriented Market Research membantu pihak manajemen untuk menemukan titik masalah dan memonitor proses yang sedang berlangsung “Churcill, 2005”.

Baca Juga :

icpwa