Tips puasa untuk penderita maag

Puasa mengubah pola makan Anda dari tiga kali pertama sehari menjadi dua kali sehari. Perubahan pola makan rentan menyebabkan peningkatan asam lambung saat perut kosong, terutama bagi mereka yang menderita bisul. Lihatlah berbagai tips puasa untuk penderita maag.

Ulkus dibagi menjadi dua jenis: fungsional dan organik. Klasifikasi ini dapat diperoleh setelah pasien melakukan pemeriksaan endoskopi (teropong pada saluran pencernaan bagian atas).

Tips puasa untuk penderita maag

Pada pasien dengan bisul organik, ada gangguan pada organ pencernaan seperti adanya luka di lambung, usus halus atau organ lain. Sedangkan pasien dengan ulkus fungsional tidak memiliki kelainan.

Umumnya, pasien dengan ulkus fungsional diizinkan untuk berpuasa, sedangkan pada pasien dengan ulkus organik, puasa dapat memperburuk kondisi jika tidak diobati dengan benar.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lambung meningkat maksimum pada siang hari, sehingga perlu memperhatikan gejala dan tanda-tanda yang muncul saat itu. Islam tidak memaksa Anda untuk berpuasa jika Anda tidak mampu, sehingga Anda dapat mencari alternatif lain berdasarkan kemampuan Anda.

Panduan puasa untuk mereka yang menderita bisul
Puasa di bulan Ramadhan adalah salah satu kewajiban umat Islam. Umumnya tubuh manusia beradaptasi dengan kondisi yang ada setelah hari-hari pertama atau minggu puasa. Dengan demikian maag umumnya dirasakan membaik atau tidak membatalkan puasa.

Bahkan, mereka yang menderita ulkus fungsional dianjurkan untuk berpuasa karena mereka dapat memperbaiki gejala, sedangkan pada pasien dengan ulkus organik atau ulkus kronis disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menyesuaikan dosis obat atau diet selama puasa, sehingga pasien maag bisa berpuasa dengan tenang,

Berikut ini adalah tips yang bisa dibuat untuk penderita maag agar bisa berpuasa dengan nyaman.

Konsumsilah karbohidrat atau makanan yang lambat dicerna saat fajar, sehingga Anda tidak mudah lapar dan lemas di siang hari.
Kurma adalah sumber karbohidrat, serat, kalium, dan magnesium yang baik.
Kacang almon mengandung banyak protein dan serat, sehingga bisa direkomendasikan untuk puasa.
Pisang adalah sumber nutrisi seperti kalium dan karbohidrat magnesium.
Makanan yang dimasak lebih direkomendasikan daripada makanan yang digoreng dan berlemak.
Makan dalam porsi kecil tapi sering.
Makan dekat dengan pendeta saat fajar dan berbuka puasa saat matahari terbenam.
Jangan lupa minum obat yang diresepkan dokter saat fajar dan berbuka puasa.
Pedoman yang tepat untuk minum selama puasa bagi penderita maag
Minumlah banyak air untuk mengganti kehilangan air selama puasa, yaitu sekitar 8 gelas sehari.
Minum segelas susu saat fajar, ini bisa mengurangi gejala maag dan tukak lambung.
Air minum, jus buah non-asam dan minuman yang banyak mengandung kalium sehingga tubuh dapat beradaptasi dengan kondisi saat puasa.

Apa yang harus dihindari oleh mereka yang menderita bisul saat berpuasa
Hindari makanan yang bisa meningkatkan asam lambung seperti cokelat, makanan berlemak atau digoreng dan buah yang mengandung asam seperti jeruk, lemon, tomat dan lainnya.
Hindari makanan yang bisa merusak dinding lambung seperti cuka, lada, makanan pedas dan bumbu perangsang.
Jangan langsung tidur setelah makan sahur atau makan malam, karena ini dapat meningkatkan risiko refluks asam atau GERD.

Jangan langsung makan dalam porsi besar saat berbuka cepat atau saat fajar dan jangan tunda waktu istirahat.
Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan minuman berenergi.
Merokok meningkatkan risiko tukak lambung dan penyakit maag, sehingga bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berhenti merokok.

Alhohol dapat menyebabkan katup melemah di antara lambung dan kerongkongan, sehingga meningkatkan risiko peningkatan asam lambung.
Hindari obat-obatan yang dapat mengiritasi lambung, seperti obat nyeri non-steroid.
Hindari stres, beberapa penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menyebabkan peningkatan asam lambung.

Baca juga:

icpwa