Teliti Otak Lewat Game

Teliti Otak Lewat Game

Teliti Otak Lewat Game

Sejumlah Mahasiswa dari Fakultas MIPA jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mencoba mengembangkan aplikasi berupa game yang mampu mendeteksi dan menggambarkan kondisi aktivitas dalam pikiran manusia. Game tersebut bisa diakses secara offline.

Aplikasi tersebut diperagakan salah seorang dosen Informatika Unjani Esmeralda C

. Djamal bersama salah satu mahasiswa angkatan 2010, Ahmad Arif kepada di Seminar Nasional Iptek Jenderal Achmad Yani (SNIJA) 2015 kemarin.

Esmeralda menjelaskan, penelitian yang dilakukannya ini adalah suatu memproses

dan mengolah data digital dari sebuah alat pendeteksi berupa Electroencephalogram ( EEG) atau suatu alat test untuk mendeteksi kelainan aktivitas elektrik otak yang disambungkan ke dalam sebuah aplikasi komputer. Tujuannya, untuk menghasilkan dan mendeteksi gambaran tentang kondisi aktivitas pikiran dalam otak manusia.

Dia mencontohkan, beberapa variabel yang dideteksi di dalam otak

adalah keinginan menggenggam dan tidak menggenggam di dalam pikiran tanpa ada intervensi apapun. ”Kami mengklasifikasikan apakah kondisi kita sedang rileks, marah, semangat atau sedang kecewa, jadi tanpa bisa dibohongi kita tidak bisa mengaku semangat saat kecewa, kondisi itu akan tertangkap oleh otak sebagai kecewa. Kemudian mendeteksi waspada dan tidak waspada,” jelasnya kemarin.

 

sumber :

https://rollingstone.co.id/seva-mobil-bekas/

icpwa