SYARAT TERBENTUKNYA MASYARAKAT MADANI

SYARAT TERBENTUKNYA MASYARAKAT MADANI

SYARAT TERBENTUKNYA MASYARAKAT MADANI

1. ADANYA WILAYAH PUBLIK

Syarat terbentuknya masyarakat madani yang pertama adalah adanya wilayah publik atau biasa disebut dengan free public sphere, dimana disini merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengemukakan pendapat yang ia miliki. Semua individu atau warga negara memiliki hak yang sama dan tidak dibedakan menjadi golongan-golongan tertentu.

Selain itu wilayah publik tersebut juga berguna untuk melindungi masyarakat dalam mengemukakan pendapatnya, tidak ada kekuatan atau ancaman dari pihak luar yang akan membahayakan masyarakat saat mereka memberikan sebuah pendapat.

2. ADANYA DEMOKRASI

Demokrasi merupakan syarat kedua yang harus dipenuhi agar terciptanya masyarakat madani, demokrasi sendiri disebut-sebut menjadi salah atau syarat mutlak terbentuknya masyarakat madani. Demokrasi sendiri merupakan tatanan sosial politik yang dilakukan dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Tanpa adanya demokrasi yang kuat maka masyarakat madani akan sulit untuk dicapai suatu negara, hal ini dikarenakan masyarakat madani bisa terbentuk jika mendapat dukungan serta partisipasi penuh yang dilakukan oleh setiap individu di negara tersebut.

3. ADANYA TOLERANSI

Masyarakat madani juga memiliki unsur toleransi yang kuat, tanpa adanya toleransi akan membuat perpecahan serta konflik. Toleransi ini dibutuhkan agar setiap individu bisa menerima perbedaan di segala hal dalam kehidupan bermasyarakat.

4. ADANYA PLURALISME

Adanya pluralisme adalah syarat berikutnya yang harus dipenuhi agar masyarakat madani dapat terbentuk. Pluralisme sendiri merupakan keadaan dimana kehidupan sosial pasti memiliki keragaman, dalam artian kehidupan masyarakat pasti memiliki perbedaan pendapat, suku, agama, dan lain sebagainya.

Untuk membentuk masyarakat madani harus adanya sikap menerima keragaman yang dimiliki oleh seluruh warga yang ada, dengan dapat menerima hal tersebut akan membuat masyarakat dapat hidup berdampingan.

5. ADANYA KEADILAN DAN PARTISIPASI SOSIAL

Keadilan dan partisipasi sosial merupakan persyaratan terakhir yang wajib dimiliki agar bisa terbentuk masyarakat madani. Keadilan dalam bentuk segala hal dan tidak memandang golongan akan menimbulkan ke harmonisan dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan perlakuan yang sama akan membuat warga tidak ada yang merasakan dirugikan atau diuntungkan.


Sumber: https://www.smsgrosir.co.id/the-tiny-adventures-apk/

icpwa