Syarat Pemaksimuman Keuntungan

Syarat Pemaksimuman Keuntungan

Ada dua cara untuk memperoleh keuntungan maksimum, yaitu :

  1. Dengan memproduksikan barang dimana perbedaan antara hasil penjualan total dengan ongkos total adalah yang paling maksimum.
  2. Dengan memproduksikan barang pada tingkat dimana hasil penjualan marginal = ongkos marginal.

     Untuk cara pertama sudah jelas. Yang perlu diterangkan adalah cara kedua, jika seorang pengusaha ingin menambah produksi, dan ongkos marginalnya adalah sama dengan penjualan marginalnya, bagaimana solusinya apakah akan dilanjutkan ? Tidak ada salahnya jika mau dilanjutkan, tetapi untungnya tidak akan bertambah ataupun berkurang, disinilah letaknya tingkat  prosuksi yang menghasilkan keuntungan yang paling maksimum.

Biaya Produksi Dalam Jangka Panjang

     Dalam biaya produksi jangka panjang, tidak lagi perlu dibedakan antara biaya tetap dan biaya variable karena perusahaan dapat menambah semua factor produksi atau input yang akan digunakannya (tidak ada biaya tetap ). Ini berarti perusahaan bukan hanya dapat menambah tenaga kerja tetapi juga dapat menambah jumlah mesin dan peralatan produksi lain nya luas tanah yang digunakan dan luasnya bangunan pabrik yang digunakan.

Cara Meminimumkan Biaya dalam Jangka panjang

     Karena dalam jangka panjang perusahaan dapat memperluas kapasitas produksinya, ia harus menentukan besarnya kapasitas pabrik(plant size) yang akan meminimumkan biaya produksi. Dalam analisis ekonomi  kapasitas pabrik digambarkan oleh kurva biaya total rata-rata (AC). Dengan demikian analisis m engenai bagaim ana produsen menganalisis kegiatan produksinya dalam usahanya meminimumkan biaya dapat di lakukan dengan memperhatikan kurva AC untuk kapasitas yang berbeda-beda.

Kurva Biaya Total Rata- Rata (long run average cost = LRAC)

            Didefenisikan sebagai kurva yang menunjukkan ongkos rata-rata yang paling minimum untuk berbagai tingkat produksi apabila perusahaan dapat selalu merubah kapasitas memproduksinya .

Skala Ekonomi Dan Tidak Ekonomi

            Kurva Ac jangka Panjang juga berbentuk u. Faktor yang menyebabkan hal itu dinamakan skala ekonomi dan skala tidak ekonomi

            Skala ekonomis menyebabkan kurva AC jangka panjang yaitu kurva LRAC menurun ke bawah, penambahan produksi menyebabkan turunnya ongkos produksi.

Beberapa faktor yang menimbulkan skala ekonomis :

  1. Spesialisasi faktor produksi
  2. Pengurangan harga bahan mentah dan kebutuhan produksi.
  3. Memungkinkan barang sampingan diproduksi.
  4. Mengembangkan kegiatan usaha diluar perusahaan yang berguna bagi perusahaan.

Skala tidak Ekonomis, Jika pertambahan produksi menyebabkan ongkos rata-rata produksi bertambah tinggi. Keadaan ini diwujudkan oleh kegiatan memproduksi yang menurun efisiensinya.Wujudnya skala tidak ekonomis terutama diakibatkan oleh organisasi perusahaan yang sudah menjadi sangat besar sekali sehingga menimbulkan kerumitan di dalam mengatur dan memimpinnya.

ARTIKEL TERBARU

icpwa