Strategi Bisnis Internasional IKEA

Strategi Bisnis Internasional IKEA

Strategi Bisnis Internasional IKEA

Strategi Bisnis Internasional IKEA

IKEA merupakan salah satu jenis perusahaan multinasional yang telah berdiri sejak lama. Didirikan pada tahun 1943 di Swedia, merupakan perusahaan produk rumah tangga yang didirikan oleh Ingvar Kamprad. IKEA sendiri merupakan singkatan dari gabungan nama pendiri dan alamatnya. Ingvar Kamprad (nama pendiri) dan  Elmtaryd, Agunnaryd (nama kampung halaman Ingvar di Småland, Swedia). IKEA dilafalkan “Ikeya”, bukan “Aikiya”. Namun kabar dating dari dang pendiri beberapa saat lalu, dimana Ingvar yang merupakan pribadi sederhana itu, pada usianya yang ke 91 meninggal pada tanggal 27 Januari 2018 lalu (Simanullang, 2018).

Terlepas dari itu, dalam makalah ini, penulis akan membahas tentang seperti apa strategi bisnsi IKEA ini dalam memasuki pasar internasional, yaitu di China. Seperti yang di ketahui bahwa strategi bisnis adalah kemampuan pengusaha/perusahaan dalam analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan, perumusan (formulasi) strategi, pelaksanaan (implementasi) rencana-rencana yang dirancang untuk mencapai sasaran-sasaran perusahaan, serta melakukan evaluasi untuk mendapatkan umpan balik dalam merumuskan strategi yang akan datang (Mahmud & Anomsari, 2011). Oleh sebab itulah sebagai salah

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/blocklauncher-pro-apk/

icpwa