Siapkan SDM Menyongsong Revolusi Industry 4.0

Siapkan SDM Menyongsong Revolusi Industry 4.0

Siapkan SDM Menyongsong Revolusi Industry 4.0

Siapkan SDM Menyongsong Revolusi Industry 4.0

Pascasarjana UIN STS Jambi pada Kamis (19/9) lalu menggelar kuliah umum dan orientasi

mahasiswa baru S2 dan S3. Tema kegiatan ini ‘Menyiapkan SDM yang Berkualitas dan Berkompetitif dalam Menyongsong Era Revolusi Industry 4.0’ dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Yanuarsyah Haroen, dosen Fakultas Teknik Elektro dan Informatika ITB.

Kegiatan dibuka Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Suaidi, MA, Ph.D. Kegiatan ini dihadiri Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Ahmad Husein Ritonga, MA dan Wakil Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi, Dr. Risnita,M.Pd berserta Ketua Prodi.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Suaidi, MA, Ph.D mengatakan, berkembangnya teknologi informasi pastinya akan membawa banyak perubahan baik itu negative ataupun positif.

“Tetapi bila kita berpikir progresif inovatif kehadiran teknologi tersebut, maka akan menghasilkan

ratusan hingga ribuan kemudahan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan untuk itu kita butuh menyeleksi dan mengetahui bagaimana memanfaatkan teknologi era revolusi industry 4.0,” ujar  Suaidi.

Ditambahkannya, ditengah berbagai perubahan yang menunjukkan kesiapan civitas akademika yang sudah menjadi UIN. Tetapi masih ada yang belum memahami dan mengikuti berbagai teknologi yang ada.

Kehadiran narasumber kuliah umum ini diharapkan dapat mendorong keingintahuan,

sehingga menghadirkan pemahaman yang baik tentang era revolusi industry 4.0 yang saat ini sedang berlangsung.

“Pada era revolusi Industri 4.0 peran internet akan semakin kuat dengan tujuan memudahkan komunikasi antar manusia, manusia dengan mesin, bahkan mesin dengan mesin. Dimana peran manusia lebih pada fungsi ‘controling’, untuk memastikan mesin berinteraksi sesuai yang diharapkan,” harapnya.

Sejalan dengan itu, Direktur Pascasarjana UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Ahmad Husein Ritonga, MA menjelaskan, mahasiswa perguruan tinggi diharapkan dapat benar-benar membuka mata tentang Revolusi Industri 4.0, karena ada banyak tantangan sekaligus peluang di era perubahan besar yang berbasis pada kemajuan teknologi informasi itu.

Pada era Revolusi Industri 4.0 mempengaruhi cara industri beroperasi dan bila ingin sukses dimasa depan kuncinya  adalah penguasaan pada teknologi informasi dan berani mengambil risiko.

“Peserta yang hadir saat ini adalah mahasiswa mahasiswa baru Strata 2 dan Strata 3 Pascasarjana UIN STS Jambi. Ditambah 10 mahasiswa diantaranya adalah mahasiswa dari program 5.000 doktor Kementerian Agama. Kegiatan ini sengaja dilaksanakan guna mendorong terciptanya mahasiswa mahasiswa yang memahami tentang era revolusi industry 4.0, sehingga mereka dapat bersaing dan diakhirnya kita dapat mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM)yang dapat berkompetisi dengan baik,” harapnya.

 

Baca Juga :

 

 

icpwa