Resep sambal Goreng Kering Tempe Teri Kacang Garing

Resep sambal Goreng Kering Tempe Teri Kacang GaringResep sambal Goreng Kering Tempe Teri Kacang Garing

Dalam kuliner Masakan Indonesia, sambal goreng kering tempe merupakan menu masakan yang sering di jadikan pelengkap dan dipadukan dengan jenis masakan lainnya. Citarasa sambal goreng ini cukup dikenal luas dengan rasa pedas manis. Biasanya sambal goreng kering tempe dibuat dengan ditambah ikan teri dan kacang tanah. Karena bisa bertahan lama, jenis masakan ini seringkali dibuat untuk bekal diperjalanan ataupun untuk disimpan dalam tempat yang kering dan bersih untuk digunakan sebagai pelengkap hidangan di hari yang lain.

Menu masakan ini seringkali juga digunakan sebagai pelengkap makanan jenis hajatan atau makanan untuk pesta tradisional. Biasanya ditemani dengan nasi kuning, tumpeng atau nasi yang berasa gurih karena diramu dengan santan. Menu ini dibuat dengan bahan-bahan yang mudah dan sederhana dengan bahan utama yaitu kering tempe.

sambal goreng tempe teri kering

Makanan ini juga mempunyai varian yaitu tempe basah yang diolah dengan bumbu basah karena diberi air.

Bahan dan cara pembuatan sebagai berikut:

400 gram tempe
2 sdm air asam jawa
2 sdm gula pasir
2 cm lengkuas diiris tipis
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk diiris tipis
1 batang serai dipotong-potong 3 cm
1/2 sdt garam
60 gram kacang tanah
60 gram ikan teri
Minyak goreng secukupnya

ulek halus atau dapat juga haluskan dengan blender dengan 50 ml air:
6 buah cabe merah besar
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 butir kemiri

Cara Membuat Kering Tempe Kacang Teri:
Tempe dipotong-potong bentuk kubus atau dapat juga persegi panjang kecil, dengan ukuran yang agak lebih besar dari korek api. Goreng dalam minyak goreng hingga kering angkat dan tiriskan.
Kacang tanah digoreng dengan api kecil hingga matang. Aduk aduk supaya merata dan kemudian angkat lalu tiriskan.
Teri dicuci dan dikeringkan dapat juga dijemur agar benar-benar kering, lalu goreng hingga matang dengan minyak panas lalu angkat dan tiriskan.
Tumis bumbu halus dan air asam jawa, dalam wajan panas. Aduk-aduk terus hingga kadar air dalam bumbu hampir hilang. Masukkan lengkuas, daun jeruk, daun salam, serai,gula pasir ditambah 3 sdm minyak lalu aduk lagi tumis dengan sedikit minyak.
Setelah gula pasir sudah terserap dan bau harum sudah tercium, serta warna bumbu sudah merah pekat masukkan tempe dan aduk-aduk. Masukkan teri dan kacang tanah aduk hingga semua tercampur rata.
Aduk-aduk terus sampai kering dan kemudian matikan api sambil tetap aduk-aduk hingga wajan dingin. Angkat dan sajian telah siap untuk dihidangkan atau disimpan di tempat yang kedap udara.

ARTIKEL TERBARU

icpwa