Protokol Jaringan

Table of Contents

Protokol Jaringan

Protokol Jaringan

Protokol  jaringan merupakan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi diantara bebrapa computer di dalam sebuah jaringan. Aturan ini termasuk di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara- cara atau metode mengakses sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel, dan kecepatan transfer data. Berikut adalah protocol- protocol yang perlu diketahui.

  1. Ethernet

Ethernet merupakan sebuah standar LAN meliputi kabel dan sekema protocol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporation. Sekarang Ethernet menjadi protocol yang banyak digunakan dan diadaptasi oleh perusahaan lain.

Ethernet merupakan metode akses CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Acces With Collision Detection) yang merupakan media kendali akses dengan kemampuan melakukan transmisi ulang bila terjadi tumbukan. Kecepatan data transmisi di Ethernet adalah 1-100 Mbps. Protokol Ethernet Dapat digunakan pada model jaringan garis lurus, bintang, atau pohon. Transmisi data dapat melaui kabel twisted pair, kabel koaksial, dan kabel fiber  optic pada kecepatan 10Mb.

  1. Localtalk

Localtalk merupakan protocol jaringan dengan  menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Acces with Collision Avoidance). Untuk menghubungkan computer dengan jaringan ini dapt melewati serial port dengan menggunakan adapter localtalk dan kabel twisted pair. Localtalk dikembangkan oleh Apple Komputer Inc. Untuk computer dengan mesin machintos yang memungkinkan koneksi dalam jaringan secara peer to peer tanpa membutuhkan aplikasi khusus. Kecepatan transmisi localtalk hanya 230 kbps. Protokol localtalk dapat digunakan pada topologi jaringan garis lurus, bintang atau phon dengan menggunakan kabel twisted pair.

  1. Token Ring

Metode akses protocol token adalah melalui sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti cincin. Protokol ini dikembangkan pada tahun 1980 oleh perusahaan IMB.Sinyal token bergerak berputar dalam  sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari satu computer ke computer lain. Jika pada persinggahan di salah satu computer terdapat data yang ingin di transmisikan, maka token yang mengirimkan data tersebut ke tempat yang dinginkan. Token bergerak untuk saling mengoneksikan diantara masing-masing computer dengan kecepatan transmisi data 4 Mbps atau 16 Mbps. Protokol token ring dapat digunakn pada topologi jaringan bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel serat optic.

  1. FDDI (Fiber Distributed Data Interface)

FDDI merupakan protocol jaringan yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak jauh. Metode akses yang digunakan oleh FDDI adalah model token. Aprotokol FDDI menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Prose transmisi biasanya menggunakan satu buah ring dan jika ada masalah yang ditemukan akan secara otomatis akan menggunakan ring yang kedua. Keuntungan dari FDDI adalah kecepatan transmisi data 100 Mbps dengan menggunakan kabek fiber optic.

  1. ATM (Asynconous Transfer Mode)

ATM merupakan protocol yang mentransmisikan dat dengan kecepatan 155 Mbps atau lebih. Transmisi data pada ATM berada pada satu paket dimana pada protocol yang lain mentransfer pada besar kecilnya paket. Protokol ATM merupakan protocol yang mendukung taransmisi data yang berbentuk gambar, video, atau audio. Protokol ATM bekerja pada toplogi bintang dengan menggunakan kabel fiber optic atau kabel twisted pair. Protokol ATM biasanya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih land dan juga banyak dipakai oleh ISP (Internet Service Provider) untuk meningkatkan kecepatan internet pada computer client.

  1. Apple Talk

Apple talk merupakan protocol yang dikembang kan oleh perusahaan Apple Komputer, Inc. dan digunakan khusus untuk mesin-mesin computer Apple/Macintosh ddengan keceptan transmisi sekitar 230 Kbps.

  1. Token Ring

Token ring merupakan protocol yang paling banyak digunakaan untuk membentuk LAN setelah Ethernet. Token ring digunakan pada jaringan bertopologi cincin (ring) atau pun bintang (star). Teknologi Token ring memungkinkan kecepatan transmisi dat dari 4 Mbps hingga 16 Mbps.


Sumber: https://ironmanfactory.com/

icpwa