Proses Ostwald Pada Pembuatan Asam Nitrat

Proses Ostwald adalah proses kimia untuk produksi asam nitrat (HNO3). Wilhelm Ostwald mengembangkan proses ini, dan mematenkan proses pada tahun 1902. Proses proses Ostwald adalah andalan industri kimia modern, dan proses ini menghasilkan bahan baku utama untuk jenis produksi pupuk yang paling umum. Secara historis dan praktis, proses Ostwald terkait erat dengan proses Haber, yang menghasilkan bahan baku yang diperlukan, amonia (NH3).

Gambaran Proses

Amonia diubah menjadi asam nitrat dua fase. Amonia dioksidasi (yang berarti “dibakar”) dengan pemanasan dengan oksigen dengan adanya katalis seperti platinum dengan 10% rodium, untuk membentuk oksida nitrat dan air. Langkah ini sangat eksotermik, sehingga sumber panasnya sangat berguna untuk memulai:
4 NH3 (g) + 5 O2 (g) → 4 NO (g) + 6 H2O (g) (AH = -905.2 kJ)

Fase kedua memberikan dua reaksi dan dilakukan dalam perangkat absorpsi yang mengandung air. Awalnya oksida nitrat dioksidasi lagi untuk menghasilkan nitrogen dioksida: Gas kemudian mudah diserap oleh air, memperoleh produk yang diinginkan (asam nitrat, meskipun dalam bentuk encer), mengurangi bagian dari pengembalian nitrit oksida:
2 NO (g) + O2 (g) → 2 NO2 (g) (ΔH = -114 kJ / mol)
3 NO2 (g) + H2O (l) → 2 HNO 3 (aq) + NO (g) (AH = -117 kJ / mol)

NO didaur ulang dan asam terkonsentrasi pada kekuatan yang dibutuhkan melalui penyulingan.
Atau, jika tahap akhir dilakukan di udara:
4 NO2 (g) + O2 (g) + 2 H2O (l) → 4 HNO3 (aq)
Kondisi khas fase pertama, yang berkontribusi pada hasil keseluruhan sekitar 98%, adalah:

Tekanan antara 4 dan 10 atmosfer (sekitar 400-1010 kPa atau 60-145 psig) dan;
Suhu sekitar 500 K (sekitar 217 oC atau 422,6 oF).

Satu komplikasi yang perlu dipertimbangkan melibatkan reaksi lateral pada fase pertama yang mengalihkan oksida nitrat kembali ke N2:
4 NH3 + 6 TIDAK → 5 N2 + 6 H2O
Ini adalah reaksi sekunder yang diminimalkan dengan mengurangi waktu di mana campuran gas bersentuhan dengan katalis.

itulah proses ostwald pembuatan asam nitrat, untuk mengetahui rumus asam nitrat beserta pengertian dan contoh soal selengkapnya di https://Rumusrumus.com.

icpwa