Profil IKEA Swedia

Profil IKEA Swedia

Profil IKEA Swedia

Profil IKEA Swedia

  Pembahasan

  1. Profil IKEA Swedia

IKEA adalah pemasok meubel dan perkakas terbesar di dunia, dengan sekitar 331 toko (atau lebih) yang dimiliki sendiri maupun warlaba dan tersebar di sekitar 41 negara, yang merentang dari Swedia ke Amerika Serikat, dari Inggris ke Israel, Arab Saudi, Indonesia, Rusia, dan Tiongkok (China) (Ferandy, 2016).Seperti yang telah disebutka sebelumnya bahwa IKEA Swedia merupakan perusahan retail perabotan rumah tangga yang berasal dari Swedia. Didirikan pada tahun 1943 oleh Ingvar Kamprad. Nama IKEA berasal dari dua nama, yaitu nama sang pendiri, Ingvar Kamprad, dan nama tempat asalnya, Elmtaryd, Agunnaryd, sebuah nama kampung halaman Ingvar di Småland, Swedia) (Simanullang, 2018). Bisnsi ritel IKEA dimulai sebagai ide di hutan Swedia selatan lebih dari 70 tahun yang lalu. Dan apa yang sekarang menjadi Konsep IKEA merupakan hal yang telah berkembang selama bertahun-tahun dan masih terus membaik (IKEA, 2003-2017).

  1. IKEA Di Pasar China

Seperti yang diketahui bahwa saat ini, IKEA Swedia masih terus berkembang. Salah satunya adalah di China atau yang sekarang disbeut senagnanam Tiongkok. IKEA sebenarnya telah memasuki pasar Cina sejak tahun 1998. IKEA berhasil memasuki pasar China dengan cemerlang. Tetapi tidak sulit untuk menemukan di peta strategi IKEA China, dimana sebagian besar toko ritel terkonsentrasi di kota-kota tingkat pertama, seperti Beijing, Shanghai, Guangdong. Dan ada toko ritel sangat kurang di kota-kota pedalaman Cina dan beberapa daerah masih kekosongan pasar. China sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia tidak pernah kekurangan daya beli. Oleh karena itu, IKEA melukan strategi bisnis yang tepat untuk dapat menajangkau pasar internasional di China ini.

Dalam perkembannnya sejak tahun 1998, saat initoko IKEA yang dibuka di China ada di 7 lokasi utama (IKEA, IKEA China, 1999-2019), yaitu sebagai berikut:

  1. Strtegi Bisnis IKEA di Pasar China

Dalam hal ini, strategi bisnis internasional IKEA memasuki China siungkapkan berdasarkan penelitian yang telah di lakukan oleh Jiang Lingxiu(2017), dimana dalam hal ini diungkapkan ada beberapa strategi yang di perhatikan oleh pihak IKEA ketika memasuki pasar China sejak tahun 1998 lalu tersebut. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa Jiang Lingxiu(2017)membaginya menjadi tiga kelompok strategi, diantranya yiatu:

  1. Pemilihan pasar IKEA di China

Pemilihan pasar untuk memasuki suatu lokasi tertentu perlu memperhatikan beberapa hal, dalam hal ini, pemilihan pasar sasaran internasional harus diperhatikan dari berbagai dimensi yang berbeda sesuai dengan lokasi yang akan ditujua, misalnya seperti jarak budaya, jarak geografis dan ukuran pasar. Penjelsannya adalah sebagai berikut:

  1. Cara (Mode) IKEA masuk ke China

Strategi bisnis dalam memasuki pasar China, pada asalnya IKEA menggunakan dua cara yang berbeda. Pertama adalah “anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki (wholly owned subsidiary)”, yang kedua adalah “perusahaan patungan (joint venture)”. Namun, saat ini IKEA hanya mengoperasikan toko ritel dengan mode “anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki”, dan mengubah semua operasi “usaha patungan” toko ketika masuk secara primitif ke kota-kota Cina. Karenanya, saat ini satu-satunya mode masuk IKEA adalah “anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki” atau “wholly owned subsidiary”, yaitu cara yang pertama.

Sumber : http://www.pearltrees.com/danuaji88/item298620778

icpwa