Pernyataan Sikap IKA UNPAD, Soal Demo

Pernyataan Sikap IKA UNPAD, Soal Demo

Pernyataan Sikap IKA UNPAD, Soal Demo

Pernyataan Sikap IKA UNPAD, Soal Demo

BANDUNG-Rencana aksi massa besar-besaran dari berbagai daerah Indonesia

yang akan datang ke Jakarta pada hari jumat, tanggal 4 Nopember 2016, telah menyita perhatian masyarakat Indonesia.

Aksi ini semakin membesar seiring dengan anggapan ketidakjelasan proses hukum terhadap kasus tersebut. Ketidakjelasan proses hukum menjadikan spektrum keresahan dan gejolak sosial semakin meluas.

Rasa keadilan masyarakat terusik ketika perlakuan hukum terhadap

Gubernur DKI dianggap berbeda dengan perlakuan terhadap pelaku lain dalam kasus serupa. Padahal konstitusi menjamin Equality before the law berupa asas persamaan di dalam hukum. UUD 1945 Pasal 27 ayat (1) secara tegas telah memberikan jaminan bahwa “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.

Hal-hal demikian dikemukakan Ketua BPIKP, Idra Kusumah dalam rilisnya yang diterimaredaksi jabarprov.go.id, Kamis(3/11).

Menurut Indra Kusumah, aksi massa sejatinya merupakan hak

yang dijamin konstitusi, UUD 1945 pasal 28E ayat (3) menyatakan bahwa “Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat”. Namun pelaksanaannya tentu harus sesuai peraturan, dilaksanakan dengan aman dan tertib, serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Berdasarkan hal-hal tersebut, maka dengan ini BPIKP IKA UNPAD (Bidang Pengkajian Ilmu dan Kebijakan Publik Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran) menyatakan:

1.Menuntut aparat hukum untuk menegakkan equality before the law. Tidak boleh ada seorang pun di negeri ini yang lebih besar dari aturan hukum dan konstitusi Indonesia ;

2.Menyerukan seluruh elemen masyarakat untuk memastikan terjaganya kedamaian, ketenteraman, persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI Persatuan Indonesia adalah anugerah yang telah menghantarkan Indonesia ke gerbang kemerdekaan. Persatuan Indonesia pula lah yang akan menghantarkan Indonesia mencapai cita-cita nasional.

 

Baca Juga :

 

 

icpwa