Perbedaan Signifikan Honda Brio 2018

 Perubahan yang terlihat pada Honda Brio terakhir cukup sederhana. Namun dibalik semuanya, ternyata Honda telah membuat perubahan besar di mobil ini. Kali ini kami mengujinya di Bali dari 17 hingga 19 Oktober 2018. Antara lain pada kesempatan ini, Honda telah membawa tim Honda R & D Asia Pasifik yang telah mendesain ulang mobil ini. Perubahan berikut:

1. Persepsi baru tentang manfaat

Honda Brio 2018 masih menggunakan mesin yang sama dengan 1.2-liter 4-silinder i-VTEC sebelumnya. Kinerja tidak berubah, daya yang dihasilkan adalah 90 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 110 Nm pada 4.800 rpm.

Jadi apa bedanya? Karena memiliki ukuran yang lebih panjang, bobot Brio bertambah sebanyak 20 kg. Untuk mempertahankan kinerjanya pada level Brio sebelumnya, Honda telah melakukan perubahan pada Electronic Control Unit (ECU). Setidaknya itulah yang Yasuhiro Kumai, chief engineer yang bertanggung jawab atas proyek bantuan, Honda R & D Asia Pasifik.

2018 Honda Brio sangat berbeda, ini adalah penjelasan dari tim R & D Pernyataan ini disempurnakan oleh Tsutomo Harano, chief engineer dari Pemimpin Proyek Besar Honda R & D Asia Pasifik. “Kami juga telah menyesuaikan karakter mesin agar lebih nyaman digunakan oleh konsumen yang kebanyakan memiliki mobil pertama mereka”.

Mungkin itu berarti Harano, bobot ekstra membuat mesin lebih keras. Ketika kami mengujinya, tidak dapat disangkal bahwa perbedaan itu benar-benar terbukti. Khususnya pada ascensions, distribusi energi tidak secepat dulu. Tetapi hanya sedikit, karena performa mesin masih yang terbaik di kelasnya, bahkan jika karakter mesinnya sekarang lebih tenang.

2. Kabin senyap
Chittrawan muangwong, chief engineer dari proyek NVH, Honda R & D Asia Pacific

Berkendara ke kabin Brio, kami juga merasa bahwa kabin terasa lebih tenang dari sebelumnya. Pertama dari segel kabin. Namun ternyata Honda tidak menambahkan peredam kejut lagi.

“Kami sedang mengatur ulang tata letak pipa saluran pembuangan agar suaranya tidak lagi mengganggu penumpang belakang,” kata Chittrawan muangwong, chief project engineer di NVH, Honda R & D Asia Pacific. Gadis Thailand yang cantik itu juga mengatakan bahwa struktur rangka menebal di berbagai bagian untuk mengurangi getaran yang masuk ke kabin. Tidak heran interior Brio sekarang terasa lebih nyaman.

3. Manuver yang menjanjikan

Honda Brio 201 Honda Brio 2018 sangat berbeda, ini adalah penjelasan dari tim R & D yang sangat berbeda, ini adalah penjelasan dari tim R & D
Jadi apa lagi yang dilakukan Honda dengan Brio baru? Mereka melihat kaki mereka. Jika demikian, kami menyadarinya sejak awal. Alasannya adalah stabilitas mesin pada kecepatan tinggi jauh lebih tinggi dari sebelumnya, terutama ketika menikung. Dukungan itu ternyata menjadi ramuan baru di kaki Honda Brio.

Panupong Khamwongpin, Proyek Chassis Senior Assistance Engineer, Honda R & D Asia Pacific mengatakan: “Pengaturan suspensi kami telah dipulihkan, baik untuk roda depan dan belakang.”
Kami merasa bahwa penangguhan suspensi sekarang sedikit lebih sulit dari sebelumnya. Inilah yang membuat stabilitas lebih baik. Meskipun konsekuensinya, kenyamanan penumpang sedikit berkurang ketika melewati permukaan jalan yang kurang mulus.

Namun ada hal menarik lain yang dia sebutkan. Ditemukan bahwa pengaturan suspensi untuk Brio Satya dan Brio RS berbeda. “Brio Satya menggunakan ban yang berbeda, jadi kami membuat setelan suspensi sedikit lebih nyaman, sementara Brio RS berbeda untuk mempertahankan karakter olahraga ini,” lanjutnya.

Sumber : hondamobillampung.co.id

icpwa