Perawatan Budidaya Bawang Merah

Cara Menanam bawang merah yang perlu diperhatikan adalah penyiraman tanaman. Penyiraman dilakukan 2x sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman tersebut dilakukan dari awal penanaman hingga tanaman berumur 10 hari barulah setelah itu frekuensi penyiraman dikurangi menjadi 1x sehari

Lakukan pula pemberian pupuk tambahan yang dilakukan saat tanaman bawang merah berumur 2 minggu sejak awal tanam. Jenis pupuk yang digunakan adalah campuran dari KCl, ZA, daan urea dengan dosis masing-masing 112 Kg, 200 Kg dan 93 Kg/hektar lahan. Pemupukan berikutnya dilakukan ketika tanaman bawang merah telah memasuki umur 5 minggu dengan dosis pupuk yang diberikan urea 47 Kg, ZA 100 Kg, dan KCI 56 Kg/hektar lahan. Cara pemupukan dilakukan dengan membuat guritan di sekitar tanaman.

Lakukan pula penyiangan terhadap gulma yang ada di areal lahan tanam, biasanya penyiangan ini dilakukan 2x/satu kali musim tanam. Untuk menghemat biaya perawatan, penyiangan gulma bisa dilakukan bersamaan dengan pemberian pupuk susulan. Tetapi bila tanaman gulma yang tumbuh terlalu banyak harus segera dilakukan penyiangan.

Baca Juga : 

icpwa