PENYEBAB KONFLIK SOSIAL

PENYEBAB KONFLIK SOSIAL

PENYEBAB KONFLIK SOSIAL

Permasalahan terjadi karena di sebabakan oleh suatu yang bertentangan antar individu atau kelompok dengan individu lain atau kelompok lain, hal itu akan menimbulkan konflik sosial di suatu wilayah atau daerah. Berikut penyebab konflik sosial yang perlu kalian ketahui agar dapat menghindari terjadinya konflik dan lebih berhati – hati.

1. TUJUAN YANG BERBEDA ANTAR INDIVIDU

Konflik sosial dapat disebabkan karena Perbedaan kepentingan antar individu maupun kelompok di masyarakat dengan tujuan yang berbeda menimbulkan pertentangan dan perselisihan satu sama lain. Hal ini dapat terjadi perpecahan di suatu wilayah karena terjadi konflik sosial antar individu maupun kelompok dengan kelompok lain.

2. PERUBAHAN MUTU NILAI PADA SUATU DAERAH

Dapat terjadi karena adanya perubahan mutu nilai di suatu daerah atau masyarakat menimbulkan permasalahan sosial, sebaiknya anda lebih berhati – hati agar tidak terjadi nya konflik sosial.sebaiknya masyarakat di suatu daerah menimbulkan sifat toleransi terhadap sesamaagar tidak terjadinya perpecahan di suatu daerah atau wilayah.

3. PERBEDAAN PENDAPAT

Dapat terjadi karena perbedaan pendapat antar individu maupun kelompok, perbedaan pendapat ini akan menimbulkan suatu konflik sosial, dimana individu maupun kelompok tidak mau mengalah atau bertoleransi antar satu sama lain dan berusaha untuk menjatuhkan individu serta kelompok lain.

4. PERBEDAAN NILAI MORAL DAN LATAR BELAKANG SUATU KELOMPOK

Terdapat perbedaan nilai moral dan latar belakang suatu individu atau kelompok masyarakat dengan individu maupun kelompok lain, hal tersebut dapat menimbulkan permasalahan sosial antar satu individu maupun kelompok yang lain. Sebaiknya untuk menimbulkan rasa saling menghargai di diri kita.


Baca Juga :

icpwa