PENGERTIAN, RUMUS DAN PENGGUNAAN SIMPLE PAST PROGRESSIVE TENSE

PENGERTIAN, RUMUS DAN PENGGUNAAN SIMPLE PAST PROGRESSIVE TENSE

PENGERTIAN, RUMUS DAN PENGGUNAAN SIMPLE PAST PROGRESSIVE TENSE

Simple Past Progressive Tense

Masih seputar mengenai tenses bahasa inggris, pada perjumpaan kali ini topik yang akan kita bahasa masih sama dengan yang kemarin yaitu “progressive tenses”. Pada postingan sebelumnya saya sudah mengkupas mengenai simple present progressive tense(Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Present Progressive Tense). Nah sekarang kita akan membahas lebih lanjut mengenai “Simple Past Progressive Tense”.

Pengertian Simple Past Progressive Tense

Simple Past Progressive Tense atau bisa disebut dengan Simple Continuous Tense adalah sebuah kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah aksi yang dimulai lebih awal dan sedang belangsung ketika aksi lainnya sedang terjadi. Dan juga Simple Past Progressive Tense juga digunakan untuk mengekspresikan sepasang aksi yang terjadi bersamaan di masa lampau.

Rumus Simple Past progressive Tense

Sama halnya dengan simple present progressive tense, Simple past progressive tense juga menggunakan “Verb-Ing”dalam struktur kalimatnya. Dan TOBE dari Simple past progressive tense juga menggunakan Tobe berbentuk past yaitu “was dan were”. Tobe “Was” digunakan untuk singular subject(I, she, he, it). Sedangkan Tobe “Were” untuk plural subjek(you, they, we). Umumnya Simple Past Progressive Tense hanya bisa terjadi di aksi berupa dynamic verb, bukan stative verb. Untuk lebih jelasnya mengenai rumus dari Simple past progressive tense silahkan lihat tabel rumus di bawah ini.

Penggunaan Simple Past Progressive Tense

Simple past progressive tense secara garis besar memiliki dua fungsi. silahkan lihat tabel di bawah ini. berikut adalah adalah beberapa fungsi dan contoh kalimat simple past progressive tense.

Simple Past Tense Vs Simple Past Progressive Tense
Terkadang penggunaan simple past tense dan simple past progressive tense sering membingungkan. Penjelasan berikut ini mungkin akan membantu dalam menentukan antara menggunakan simple simple past tense dan simple past progressive tense.
Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Penggunaan Simple Past Tense

Pada dasarnya penggunaan antara simple past tense dan simple past progressive tense adalah sama yaitu menerangkan sebuah kejadian di masa lampau. Namun yang membedakannya adalah spesifikasi waktu terjadinya sebuah peristiwa tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara simple past tense dan simple past progressive tense silahkan lihat contoh dibawah ini.
Contoh:

SIMPLE PAST TENSE

I watched TV yesterday.

PAST PROGRESSIVE TENSE

I was watching TV yesterday at 7 p.m.

Penjelasan:

Nah Perhatikan, Simple past tense cuma menggunakan time signal “yesterday” saja, dalam kalimat tersebut yesterday(kemarin) tidak peduli itu kapan waktunya spesifiknya, atau bisa dibilang kurang spesifik. Sedangkan pada simple past progressive tense, menggunakan waktu yang lebih spesifik, dalam contoh disebut kan waktu spesifinya yaitu “7 p.m”. Jadi waktu terjadinya simple past progressive tense sangat dispesifikkan, pada contoh tersebut terjadinya “Watching TV(menonton TV)” terjadi kemarin malam pada pukul 7 .

Nah itulah tadi penjelasan materi simple past progressive tense kali ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf dan mohon koreksinya bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan materi. Terima kasih.

 

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.com/

icpwa