Pengertian Proxy beserta Jenis dan kegunaannya di internet

Pengertian Proxy

Server proxy adalah server komputer atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lain untuk meminta konten dari Internet atau intranet.

Proxy Server bertindak sebagai pintu gerbang ke dunia Internet untuk setiap komputer klien. Server proxy tidak terlihat oleh komputer klien: pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui server proxy tidak akan tahu bahwa server proxy menangani permintaan tersebut. Server web yang menerima permintaan dari server proxy akan menginterpretasikan permintaan ini seolah-olah permintaan akan muncul langsung dari komputer klien, bukan dari server proxy.

Server proxy juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang terhubung ke jaringan publik (seperti Internet). Server proxy memiliki lebih banyak fitur daripada router yang memiliki fitur penyaringan paket karena server proxy beroperasi pada tingkat yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih komprehensif atas akses jaringan. Server proxy yang bertindak sebagai “agen keamanan” untuk jaringan pribadi, yang dikenal sebagai firewall.

Menggunakan jejaring sosial adalah contohnya. Banyak pekerja kantor dan siswa tidak dapat mengakses jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter di kantor atau di kampus jika mereka menggunakan koneksi gratis dari lokasi itu. Ini adalah kebijakan pemilik koneksi, dalam hal ini kantor dan kampus, sehingga tidak ada penyalahgunaan atau konsentrasi pekerjaan dan studi karena jejaring sosial yang ditempati. Untuk melewati batasan ini, proxy digunakan, yang akan terlihat dari server kantor yang menangani lalu lintas data, permintaan yang Anda buat adalah untuk mengakses server proxy, bukan server Facebook atau Twitter, sehingga tidak ada batasan akses.

Menggunakan proxy, perubahan topologi jaringan. Semua paket data di komputer Anda tidak langsung ke server yang diinginkan, tetapi pergi ke server proxy. Gambarnya adalah sebagai berikut:

Permintaan

Komputer => Router Kantor / Kampus => Proxy => Server yang diinginkan

Jawab

Destination Server => Proxy => Router Office / Campus => Komputer

Karena itu, router kantor tidak mengerti bahwa paket data yang Anda kirim ke server lain bukan proxy.

Selain itu, internet memiliki banyak kegunaan, termasuk jejaring sosial, pembelian dan penjualan online, mencari pekerjaan, berbagi pengetahuan, blogging, mengunduh file audio dan video, konferensi online, dan sebagainya. Tetapi ada kalanya beberapa pengguna mengalami gangguan dengan koneksi, terutama pada IP yang digunakan. Ada situasi di mana IP yang digunakan ditolak oleh server karena berbagai alasan.

Salah satu cara untuk terus mengakses server adalah dengan menggunakan proxy. Ini adalah keuntungan proxy eksternal jika server yang Anda kendarai tidak tahu alamat IP aslinya. Alamat IP yang terdeteksi pada server tujuan adalah alamat IP dari proxy, bukan milik Anda karena Anda mewakili secara teknis? dengan proxy. Oleh karena itu, server yang diinginkan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya.

Manfaat dari server proxy

Secara umum, fitur server proxy terdiri dari dua jenis, yaitu:

1. Meningkatkan kinerja jaringan

Dengan kemampuan server proxy untuk menyimpan data permintaan dari aplikasi klien, permintaan yang sama dengan permintaan sebelumnya hanya akan diambil dari penyimpanan server proxy. Jika pengguna internet sebelumnya telah membuka situs yang sama, tidak perlu terhubung langsung ke situs sumber, tetapi cukup memulihkan data dari toko server proxy. Dengan cara ini, koneksi langsung ke server sumber dapat dikurangi. Keuntungannya adalah penggunaan bandwidth internet untuk koneksi langsung berkurang.

2. Memfilter permintaan

Server proxy juga dapat digunakan sebagai filter untuk permintaan data dari suatu situs. Yaitu, server proxy bertindak sebagai filter tukang yang situsnya mungkin atau mungkin tidak dikunjungi. Selain itu, server proxy juga dapat digunakan sebagai filter untuk aplikasi klien yang dapat menggunakan akses Internet. Dalam hal ini, server proxy bertindak sebagai filter untuk berbagai masalah Internet.

Fungsi Proxy Server

Proxy Server adalah pihak ketiga yang memediasi antara dua pihak yang saling berhubungan, dalam hal ini jaringan komputer lokal dan jaringan internet. Pada prinsipnya, bagian pertama dan bagian kedua tidak akan berhubungan langsung, tetapi masing-masing menyangkut pihak ketiga, yaitu Kantor Kejaksaan.

Proxy server

Berikut adalah tiga fungsi proxy utama

1. Bagikan koneksi

Proksi bertindak sebagai gateway yang membagi jaringan lokal dari jaringan eksternal. Gateway juga bertindak sebagai titik di mana sejumlah koneksi dari pengguna lokal dan koneksi jaringan eksternal juga terhubung. Oleh karena itu, koneksi dari jaringan lokal ke Internet akan menggunakan koneksi yang disatukan oleh gateway (berbagi koneksi).

2. Filtrasi

Proxy dapat digunakan untuk bekerja pada layar aplikasi sehingga dapat berfungsi sebagai paket penyaringan firewall yang dapat digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau ancaman dari serangan jaringan eksternal. Fitur penyaringan ini juga dapat diatur atau dikonfigurasi untuk menolak akses ke situs web tertentu dan pada waktu tertentu.

3. Caching

Server proxy memiliki mekanisme untuk menyimpan objek yang telah diminta dari server di Internet. Dengan mekanisme caching ini, objek yang berbeda permintaan / permintaan dari pengguna dari Internet akan disimpan.

Manfaat menggunakan server proxy

Beberapa keuntungan menggunakan server proxy pada jaringan TCP / IP adalah sebagai berikut:

Keamanan jaringan komputer Anda akan lebih buruk, karena ada proxy yang bertindak sebagai penghalang antara jaringan area lokal dan internet.

Akses selanjutnya ke situs yang sebelumnya diakses akan lebih cepat karena akses tidak berguna untuk membuat permintaan data ke eksternal (internet), tetapi sudah ada di direktori cache proxy.
Ini memiliki fasilitas penyaringan, baik penyaringan pengguna, konten dan waktu akses.

Kurangnya server proxy

Server proxy juga memiliki cacat dalam jaringan TCP / IP, seperti:

Akses ke situs yang belum pernah dibuka akan lebih lambat karena klien harus terlebih dahulu meminta proxy, lalu proxy baru akan meminta permintaan / permintaan klien dari penyedia layanan internet.
Jika server proxy menunda memperbarui cache, klien akan menerima konten yang tidak diperbarui (konten lama) saat membuat permintaan untuk konten.

Sumber : https://www.videomax.co/

 

icpwa