Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Memahami Organisasi secara Umum

Apa yang dimaksud dengan organisasi? Memahami organisasi adalah wadah atau tempat pertemuan untuk sekelompok orang untuk berkolaborasi dan mengendalikan secara rasional dan sistematis, dan untuk mencapai tujuan tertentu melalui penggunaan sumber daya yang tersedia.

Secara umum, organisasi akan menggunakan sumber daya tertentu untuk mencapai tujuan, seperti: Uang, mesin, metode / jalur, lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya lain yang digunakan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Yang dimaksud organisasi dalam dunia bisnis adalah sekelompok orang atau kelompok yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan komersial. Seperti organisasi nirlaba, istilah ini memiliki struktur yang jelas di dunia bisnis dan sudah memiliki budaya kerja. Karenanya, organisasi yang berbeda akan memiliki struktur dan tujuan yang berbeda pula.

Memahami organisasi menurut pendapat ahli

Untuk lebih memahami apa arti organisasi, kita perlu merujuk pada pendapat para ahli. Beberapa ahli telah menjelaskan definisi organisasi, termasuk:

1. Stoner
Menurut Stoner, istilah organisasi adalah pola hubungan yang menginstruksikan karyawan untuk mencapai tujuan bersama

2. Stephen P. Robbins
Menurut Stephen P. Robbins, istilah organisasi adalah entitas sosial yang dikoordinasikan dengan sengaja dengan batas yang relatif dapat diidentifikasi yang bekerja relatif terus menerus untuk mencapai tujuan bersama atau serangkaian tujuan.

3. James D. Mooney
Menurut James D. Mooney, memahami organisasi adalah bentuk dari setiap persatuan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

4. Chester I. Bernard
Menurut Chester I. Bernard, definisi organisasi adalah sistem kegiatan koperasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

5. Dr. H. Malayu S., P., Hasibuan
Menurut Drs H. Malayu S, P, Pengertian Organisasi Hasibuan adalah proses untuk mengidentifikasi, mengelompokkan dan mengatur berbagai kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

6. Max Weber
Menurut Max Weber, pemahaman organisasi adalah kerangka kerja hubungan terstruktur di mana otoritas, tanggung jawab dan pembagian kerja ada untuk persepsi fungsi tertentu.

7. Prof. dr. Sondang P. Siagian
Menurut Siagian, pemahaman organisasi adalah segala bentuk kemitraan antara dua atau lebih orang yang saling bekerja sama dan secara formal terikat untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam ikatan satu atau lebih orang, pengawas dan satu atau lebih individu yang bertindak sebagai bawahan ditunjuk.

8. Paul Preston dan Thomas Zimmerer
Menurut Paul Preston dan Thomas Zimmerer, organisasi adalah kumpulan orang yang diorganisir dalam kelompok yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

9. Philip Slznic
Menurut Philip Slznic, organisasi pemahaman adalah peraturan ketenagakerjaan yang membantu memfasilitasi pencapaian berbagai tujuan, yang telah ditentukan melalui alokasi tanggung jawab dan fungsi atau alokasi fungsi dan tanggung jawab.

10. Thompson
Menurut Thompson, pengertian organisasi adalah kombinasi dari beberapa anggota khusus yang sangat impersonal, rasional dan kooperatif (koperasi) untuk mencapai berbagai tujuan spesifik yang telah diumumkan.

Sumber Terkait : ilmu belajar

Baca Juga :

icpwa