Pengertian Landasan Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Landasan Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Landasan Pendidikan Menurut Para Ahli

  1. Driyarkara

Menurutnya, pendidikan adalah suatu proses untuk memanusiakan manusia muda. Terdapat 2 (dua) tahap yang terjadi disini, yaitu:

  • Homilisasi; yaitu sebuah proses untuk menjadi manusia umum.
  • Humanisasi; yaitu proses menjadi manusia yang lebih tinggi, lebih cemerlang, cerdas, bersinar halus yang menghargai orang lain.

  1. Alfred North Vohitehaed

Pendidikan menurutnya adalah: “quidence of the individual to wards comprehension of the art of life.” (tuntunan pribadi menuju pemahaman akan seni kehidupan).


  1. Thomas Groome

Pendidikan dapat dilihat sebagai aktifitas politik bersama peziarah yang dengan sengaja dan terarah mendampingi manusia dahulu, sekarang dan nanti.


  1. Charles Mclehert

Beliau memaparkan 6 (enam) kriteria bagi kegiatan mendidik, antara lain:

  • Suatu kegiatan intensional atau terarah kepada pencapaian sesuatu.
  • Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan nilai yang ada
  • Pengetahuan yang dalam dan luas
  • Pendidikan adalah proses yang langgeng dan berlansung sepanjang hidup
  • Pendidikan selalu melibatkan interaksi interpersonal
  • Pendidikan senantiasa menyambut keseluruhan pribadi dan relasi-relasinya

  1. Langeveld M.J

Pendidikan merupakan usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak agar mendewasakan anak itu  melaksanakannya sendiri.


  1. Ki Hajar Dewantara

Pendidikan dilihat sebagai tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak, yang senantiasa menuntun kekuatan kodrat mereka agar mencapai kebahagiaan yang setinggi-tinggi.


  1. Laurens Cremin

Pendidikan sebagai usaha sengaja dan sistematis untuk menyampaikan, membangkitkan dan memperoleh pengetahuan, sikap-sikap, keterampilan keterampilan, nilai-nilai dan kepekaan-kepekaan. Ciri-cirinya adalah:

  • Kegiatan terarah dan sistematis
  • Kegiatan dilakukan untuk menyampaikan pengetahuan, nilai, sikap, kepekaan, tidak hanya menyengkut pengetahuan saja.
  • Seorang pendidik harus memperhatikan 3 (tiga) aspek yaitu: Afektif (ilmu pengetahuan), Kognitif  (penghayatan nilai), dan Psikomotorik (tingkah laku lahir; mampu menjalankan operasi bagian-bagian tubuhnya/fungsi)

Sumber: https://www.fmedia.co.id/the-great-ottomans-apk/

icpwa