Pengelompokan Aktiva Tetap

Pengelompokan Aktiva TetapPengelompokan Aktiva Tetap

Aktiva tetap dapa berupa kenderaan, mesin, bangunan, tanah, dan sebagainya. Dari berbagai jenis aktiva tetap yang dimiliki perusahaan, untuk tujuan akuntansi dapat dikelompokan ke dalam kelompok :

  1. a)Aktiva tetap yang umurnya tidak terbatas, seperti tanah tempat kantor atau bangunan pabrik berdiri, lahan pertanian, lahan perkebunan, dan lahan peternakan. Aktiva tetap jenis ini adalah aktiva tetap yang dapat digunakan secara terus menerus selama perusahaan menghendakinya tanpa harus memperbaiki atau menggantinya.
  2. b)Aktiva tetap yang umurnya terbatas dan apabila sudah habis masa manfaatnya bisa ganti dengan asset lain yang sejenis, seperti bangunan, mesin, kenderaan, computer, mebel, dan sebagainya. Aktiva tetap kelompok kedua adalah jenis aktiva tetap yang memiliki umur ekonomis maupun umur teknis yang terbatas.
  3. c)Aktiva tetap yang umurnya terbatas dan apabila sdudah habis masa manfaatnya tidak dapa ganti dengan yang sejenis, seperti tanah pertambangan dan hutan. Kelompok aktiva tetap yang ketiga merupakan aktiva tetap sekali pakai dan tidak dapat diperbaharui karena kandungan atau isi dari asset itulah yang dibutuhkan, bukan wadah luarnya.

2.4 Penilaian dan Penyajian

Aktiva tetap yang diliki perusahaan biasanya memiliki nilai yang cukup material dibandingkan dengan total asset yang dimiliki perusahaan tersebut. Karena itu, metode penilaian dan penyajian aktiva tetap sebuah perusahaan akan bepengaruh terhadap laporan keuangan perusahaan bersangkutan.

 

ARTIKEL TERBARU

icpwa