Pengalaman Interview

Pengalaman Interview

Pengalaman Interview

Pengalaman Interview

 

Saya Asri Ati Amanah, lulusan SMK Adi Sanggoro

Bogor jurusan Teknik Informatika tahun 2010. Saat ini saya masih kuliah di Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi angkatan 2011, sudah memasuki semester akhir. Pada saat itu saya mempilih prodi teknik informatika karena memang saat itu sedang ramai tentang perkembangan dunia IT. Akhirnya tahun 2007 saya masuk di SMK Adi Sanggoro dan memilih jurusan tersebut. Saya lulus dengan nilai yang cukup memuaskan namun pasti menjadi kendala bagi setiap lulusan baru untuk mencari pekerjaan.

 

Saat itu, baru lulus SMK dan saya pun belum memiliki ijasah

 

kelulusan tetapi saya mencoba peruntungan didunia kerja. Salah satu guru SMK memberikan informasi yang beliau dapatkan dari milis, bahwa salah satu perusahaan IT yang bernama PT. Intimap Indonesia, bergerak dibidang peta membutuhkan staff data entry. Akhirnya saya pun mencoba dengan mengirimkan lamaran via email, saya ingat hari sabtu diakhir bulan Mei itu saya pergi ke warnet dekat rumah dan mengirim lamaran melalui email yahoo saya, saya hanya melampirkan lamaran pekerjaan yang saya tik di ms.word isinya pun menjelaskan saya merupakan lulusan baru.

 

Hari seninnya saya mendapat telepon

 

yang mengundang saya untuk datang interview ke PT. Intimap tersebut keesokan harinya. Karena saya tidak tahu wilayah Jakarta akhirnya saya pergi dengan diantar oleh kakak saya. Walaupun kami tersasar tapi akhirnya kami menemukan rukan perusahaan tersebut. Waktu itu saya disambut oleh salah seorang office boy yang bernama Bapak Hadi, beliau menyuruh saya menunggu di salah satu ruang meeting dan selanjutnya saya diberikan lembar form yang harus diisi.

 

Pada form pengisian data diri, saya harus menuliskan data diri

minat dan latarbelakang pendidikan. Setelah mengisi form tersebut saya diwawancarai langsung oleh user peminat langsung karena perusahaan tersebut bukan perusahaan besar. Pertanyaan yang diberikan pun seputar latar belakang pendidikan, darimana tahu ada lowongan kerja tersebut, latar belakang keluarga, sampai hobi dan minat saya saat itu. Setelah proses wawancara saya pun langsung diuji praktek, saya langsung diberikan contoh kasus yang berhubungan dengan pekerjaan nantinya. Saya diuji penggunaan Microsoft Excel, penggunaan database mysql, penggunaan mapInfo. Setelah selesai pengujian langsung proses wawancara tahap pertama pun selesai dilalui, pemberitahuan selanjutnya akan diberitahukan melalui telepon.

2 minggu kemudian saya mendapatkan telepon yang menyatakan saya lolos melalui tahap pertama interview dan 2 hari kemudian saya diundang untuk datang menjalani sesi interview selanjutnya. Di pertemuan kedua saya diberitahukan bahwa saya diterima bekerja diperusahaan tersebut, dipertemuan kedua ini saya dan manajemen perusahaan dipertemukan dan membicarakan tentang gaji, kontrak kerja, serta kebijakan-kebijakan perusahaan. Satu minggu setelah pertemuan itu saya sudah diperbolehkan untuk masuk bekerja dan mulai bergabung dengan keluarga PT. Intimap.

Sumber : http://alchemistindustries.com/tips-asah-perkembangan-berpikir-pada-balita/

icpwa