Pembangunan Ekonomi

Pembangunan EkonomiPembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang diikuti oleh perubahan-perubahan dalam struktur dan corak kegiatan ekonomi. Dengan kata lain, istilah pembangunan ekonomi bukan saja terfokus pada masalah perkembangan pendapatan nasional riil, tetapi juga pada modernisasi kegiatan ekonomi, misalnya usaha merombak sektor pertanian tradisional, masalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan masalah pemerataan pendapatan.

  1. Tujuan Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi seharusnya dirancang sedemikian rupa sehingga menjamin penggunaan faktor-faktor produksi yang ada dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Adapun tujuan pembangunan ekonomi yaitu:

1)      meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya yang meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, dan perlindungan keamanan dari pemerintah.

2)      Memperluas distribusi berbagai barang kebutuhan pokok.

3)      Mperluas kesempatan kerja.

4)      Memperbaiki kualitas pendidikan.

5)      Meningkatkan pendapatan masyarakat.

6)      Meningkatkan pemahaman dan tingkah laku masyarakat dalam menjunjung nilai-nilai luhur (agama, sosial, dan kultural).

7)      Memperluas pilihan-pilihan ekonomi dan sosial bagi setiap individu serta bangsa secara keseluruhan. Misalnya: kebebasan dari sikap ketergantungan, bukan hanya terhadap orang atau negara lain tetapi terhadap setiap kekuatan yang berpotensi merendahkan nilai-nilai kemanusiaan.

Sumber :

9 Alasan Menggunakan Jasa Penulis Artikel TukangKonten.com

 

 

icpwa