Pembagian di dalam Geografi Manusia dan Perkembangannya

Pembagian di dalam Geografi Manusia dan Perkembangannya

Pembagian di dalam Geografi Manusia dan Perkembangannya
Dengan tidak meremehkan pentingnya keutuhan dalam geografi manusia, demi kepraktisan manfaatnya harus dicermati bersama seksama apa bahasan segi sosial, ekonomi, dan politiknya sebagai berikut;

Geografi sosial mengupas pertumbuhan dan persebaran penduduk, tipe-tipe pemukiman dan persebarannya, dan juga perwujudan budaya manusia pada agama, bahasa, organisasi kemasyarakatan dan sebagainya.
Geografi ekonomi mengupas bagaimana manusia mengeksploatasikan sumber energi alam, membuahkan barang dagangan, juga pola lokasi dan persebaran aktivitas industri dan juga seluk-beluk komunikasi.
Geografi politik mempelajari unit-unit politik, wilayahnya, perbatasan dan juga ibukotanya bersama unsur-unsur kekuatan nasional dan politik internasional, sepenuhnya ditinjau secara geografis.
Geografi dalam perkembangannya selamanya merubah perhatiannya sesuai bersama urgensinya. Sebagai misal sebelum akan perang dunia kedua, corak studinya lebih deskriptif kualitatif, tetapi kini berjalan perubahan mengarah ke analitis-eksplanatoris. Hal ini karena geografi moderen berupa problem oriented. Sehubungan bersama itu Robinson menjelaskan bahwa revolusi sedang melanda geografi setelah perang dunia ke dua pada dasarnya menyangkut konsep azasinya dan teori. Dampak makin lama rumit, tetapi kadar sainsnya meningkat.

Bersamaan bersama itu, bidang bahasan geografi manusia juga berubah. Seirama tuntutan jaman. Di Inggris geografi perkotaan (Urban Geography) banyak dipakai dan dipelajari, sedang di Amerika Serikat berkembang geografi budaya (cultural geography). Di AS juga berkembang geografi kedokteran (medical geography), sedang di Inggris berkembang geografi rekreasi.

Kalau awal mulanya geografi ekonomi yang mengupas memproduksi dan transportasi, kini lahir spesialisasi baru, yaitu geografi pasaran. Adapun geografi politik yang umumnya mengupas negara-negara dan perbatasan atau pertalian internasional, kni terasa dikembangkan geografi lautan.

Satu kemungkinan manusia bersama IPTEK-nya tidak bisa menundukkan alam, maka manusia tidak bisa menanggulangi kesukaran-kesukaran yang dialami dalam hidupnya, misal; turunya kesuburan tanah pertanian atau perkebunan, habisnya persediaan sumber daya, bertambahnya penduduk yang tinggi, erosi, bahaya banjir dan lain sebagainya. Manusia tidak lepas berasal dari air, tanah, dan udara dan juga manusia lainnya.

Demikianlah ulasan perihal “Pembagian di dalam Geografi Manusia dan Perkembangannya”, yang pada kesempatan ini bisa dibahas bersama singkat dan semoga ulasan di atas bermanfaat bagi para pengunjung dan pembaca. Cukup sekian dan bacalah artikel-artikel lainnya.

Baca Juga :

icpwa