OPSI CALL, PUT, DAN DIAGRAM PAYOFF-NYA

OPSI CALL, PUT, DAN DIAGRAM PAYOFF-NYA

OPSI CALL, PUT, DAN DIAGRAM PAYOFF-NYA

OPSI CALL, PUT, DAN DIAGRAM PAYOFF-NYA

Opsi Call
Opsi beli (call option) adalah suatu tipe kontrak yang memberikan hak kepada pembeli opsi untuk membeli (call) dari penjual opsi sejumlah lembar saham tertentu pada harga tertentu dalam jangka waktu tertentu. Kontrak opsi berisi dengan empat hal utama, yaitu sebagai berikut:

 

  • Nama perusahaan yang sahamnya dapat dibeli.
  • Jumlah lembar saham yang dapat dibeli.
  • Harga pembelian sahamnya yang disebut dengan exercise price atau strike price.
  • Tanggal opsi kadaluarsa yaitu tanggal terakhir opsi dapat digunakan yang disebut denganexpiration date.

 

Pada opsi beli ini terdapat dua pihak yang disebut:

 

  • Pembeli opsi beli atau biasa disebut call option buyer atau juga long call.
  • Penjual opsi beli atau biasa juga disebut call option seller atau juga short call.

 

Opsi Put
Opsi jual (put option) yaitu suatu tipe kontrak yang memberikan hak kepada pembeli opsi untuk menjual (put) kepada penjual opsi sejumlah lembar saham tertentu pada harga tertentu dalam jangka waktu tertentu. Kontrak opsi juga berisi nama perusahaan yang sahamnya dapat dijual, jumlah lembar saham yang dapat dijual, harga penjualan sahamnya yang juga disebut dengan exercise price ataustrike price dan tanggal kadaluarsa (expiration date) dari opsi. Pada opsi jual ini juga terdapat 2 pihak yang disebut :
a. Pembeli opsi jual atau biasa disebut put option buyer atau juga long put.
b. Penjual opsi jual atau biasa juga disebut put option seller atau juga short put.
Nilai Kontrak Opsi 
Kontrak opsi adalah mempertemukan antara suatu perkiraan harga dari pihak penjual (penerbit opsi) dan pihak pembeli (pemegang opsi).
a. Pada opsi beli (call option):
1) In-the-money = harga kesepakatan (exercise price) kurang dari harga saham pada saat transaksi.
2) At-the-money = harga kesepakatan sama dengan harga saham pada saat transaksi.
3) Out-of-the-money = harga kesepakatan lebih besar dari harga saham pada saat transaksi.
b. Pada opsi jual (put option):
1) In-the-money = harga kesepakatan lebih besar dari harga saham pada saat transaksi.
2) At-the-money = harga kesepakatan sama dengan harga saham pada saat transaksi.
3) Out-of-the-money = harga kesepakatan (strike price) kurang dari harga saham pada saat transaksi.
4) Near-the-money yaitu istilah yang digunakan baik pada opsi beli maupun opsi jual, untuk suatu harga kesepakatan yang mendekati harga nyata (harga aset acuan).
Payoff dan Laba dari Opsi
Payoff adalah keuntungan akibat menggunakan (excercise) opsi. Payoff masih menunjukkan keuntungan kotor dari selisih harga saham di pasar dengan harga penggunaan opsi (excercise price). Laba (profit) adalah keuntungan bersih yaitu payoff dikurangi dengan harga pembelian opsi.
Payoff dan Laba untuk Opsi Beli
Ada dua pihak yang terlibat dalam opsi, yaitu pembeli dan penjual (writer) dari opsi. Laba dari pembeli adalah rugi bagi penjual dan sebaliknya. Untuk pembeli opsi beli, payoff dapat diperhitungkan sebagai berikut. Pembeli opsi beli ini akan menggunakan opsi untuk membeli saham pada harga pada harga yang sudah ditentukan (exercise price). Jika harga opsi tidak diperhitungkan, maka pembeli tidak akan menggunakan opsi ini untuk membeli saham jika harga saham di pasar lebih rendah atau sama dengan harga exercise. Jika harga saham di pasar (P) lebih rendah atau sama dengan harga exercise (E) opsi, maka akan lebih murah membeli saham langsung di pasar dibandingkan dengan menggunakan opsi. Untuk kasus harga saham di pasar lebih rendah atau sama dengan harga exercise (P ≤ E), maka opsi tidak akan digunakan, sehingga tidak terjadi payoff atau nilai payoff adalah nol sebagai berikut:
Payoff = 0        jika P ≤ E.
Sebaliknya pembeli opsi beli akan dituntungkan menggunakan opsi jika harga pasar saham lebih besar dibandingkan dengan harga exercise dengan payoff sebesar:
Payoff= (P-E)        jika P>E
Hasil penjelasan diatas akan terbalik untuk penjual opsi beli. Jika pembeli opsi diuntungkan dengan mendapatkan payoff sebesar (P-E), maka penjual opsi beli akan rugi sebesar nilai yang sama.

icpwa