Obat Diabetes Alami Yang Mudah Ditemukan

Diabetes dikenal sebagai penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan merupakan penyebab penyakit kronis lainnya. Karena itu, orang yang menderita diabetes mellitus harus menerapkan gaya hidup sehat dan menjauhi hal-hal yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Alasan utama untuk hidup dengan diabetes adalah mengendalikan jumlah gula dalam darah. Di sini adalah obat diabetes alami yang dapat dikonsumsi oleh pasien untuk mengontrol glukosa darah.


1. Kunyit, obat diabetes alami yang sangat mudah ditemukan

Tidak hanya bahan dasar memasak, tetapi kunyit dianggap meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes, membantu mengontrol glukosa darah. Kunyit mengandung antioksidan dan zat yang memiliki efek anti-diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit adalah obat alami untuk diabetes.
Sebuah penelitian yang menemukan bahwa penderita diabetes mengalami penurunan gula darah hampir 18% hanya karena mereka mengonsumsi 300 mg sehari. Studi lain menunjukkan bahwa 1,5 gram kunyit yang dikonsumsi setiap hari selama 9 bulan membuat fungsi sel beta dan mencegah diabetes tipe 2 pada orang yang memiliki pradiabetes. Selanjutnya, kunyit juga telah terbukti dapat mencegah komplikasi diabetes.

2. Jahe, ramuan yang dapat diandalkan untuk penderita diabetes

Jahe adalah jenis rempah yang populer, karena banyaknya kegunaannya, entah itu masakan atau obat-obatan. Manfaat jahe sebagai obat diabetes alami yang disebutkan dalam satu penelitian mampu mengurangi kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c pada 88 penderita diabetes yang mengkonsumsi 3 gram jahe setiap hari selama delapan minggu.
Tidak hanya itu, jahe diketahui mengandung zat anti-peradangan yang dapat mencegah peradangan yang dapat menyebabkan komplikasi mata, serta penyakit jantung.

3. Kayu manis, obat alami melawan diabetes yang dapat mencegah resistensi insulin

Kayu manis diyakini sebagai obat diabetes alami yang mengurangi resistensi insulin, mengurangi ambilan glukosa setelah makan dan melawan peradangan. Meski begitu, masih banyak penelitian yang hasilnya bertentangan satu sama lain, antara tidak memberikan efek pada gula darah atau menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membenarkan bahwa kayu manis dapat dianggap sebagai obat alami untuk diabetes.

4. Bawang merah, bumbu masak kuat yang menurunkan gula darah

Hampir semua dapur, terutama Indonesia, harus menggunakan bawang merah sebagai bahan dasar. Studi yang melaporkan manfaat bawang merah pada kadar gula darah hingga saat ini belum terlalu banyak. Namun sebuah penelitian terhadap orang-orang dengan diabetes tipe 1 dan 2 telah menunjukkan bahwa makan 100 gram bawang mentah sehari dapat mengurangi kadar gula darah tinggi pada kedua jenis diabetes. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa bawang merah sebenarnya mampu mengurangi glikemia setelah makan.

5. Jinten hitam, alternatif agar gula darah cepat menurun

Tidak seperti jinten putih yang sering digunakan untuk campuran opor atau bumbu kari, jinten hitam dari awal penampilannya digunakan untuk obat-obatan, salah satunya adalah obat diabetes. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa jintan hitam memiliki kemampuan untuk melawan peradangan, mengurangi kadar lemak darah dan menjaga kesehatan jantung dan hati. Sementara 23 studi yang melibatkan sekitar 1.500 peserta menemukan bahwa mengkonsumsi jintan hitam dapat secara signifikan mengurangi jumlah gula darah puasa dan HbA1c.

6. Aloe vera, tanaman hias yang juga bisa digunakan sebagai obat diabetes

Manfaat lidah buaya yang paling umum dan sering dikutip adalah untuk menjaga rambut tetap sehat. Tapi ternyata itu tidak hanya bagus untuk kesehatan rambut, review studi terbaru menunjukkan bahwa lidah buaya sangat baik untuk penderita diabetes karena dapat mengurangi kadar gula darah puasa. Meski begitu, sampai saat ini belum mungkin untuk mengetahui apa dampak yang akan terjadi ketika ekstrak lidah buaya dikonsumsi selama periode waktu yang panjang, sehingga penelitian lebih lanjut diperlukan.

Baca Juga:

icpwa