NILAI DAN PRINSIP MASYARAKAT MADANI

NILAI DAN PRINSIP MASYARAKAT MADANI

NILAI DAN PRINSIP MASYARAKAT MADANI

1. NILAI KEMANUSIAAN

Nilai-nilai kemanusiaan adalah salah satu konsep masyarakat madani yang harus ditegakkan, hal ini bertujuan agar bisa terciptanya masyarakat dengan norma dan moral yang baik. Nilai-nilai kemanusiaan inilah yang harus dimiliki oleh setiap individu maupun kelompok. Bukan hanya itu nilai ini juga harus di tumbuh kembangkan dan juga dilestarikan.

Nilai kemanusiaan sendiri terdiri dari kejujuran, sifat dapat dipercaya, ikhlas, adil, kesetaraan, dan kesatuan dalam keragaman. Nilai-nilai tersebut memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kehidupan bermasyarakat sehingga terciptalah masyarakat madani itu sendiri.

2. PRINSIP KEMASYARAKATAN

Masyarakat madani juga memiliki prinsip-prinsip yang harus dipegang teguh oleh setiap individu. Prinsip tersebut adalah prinsip kemasyarakatan, yang di dalamnya terkandung demokrasi, partisipasi, tramsparasi dan akuntabilitas, serta desentralisasi. Prinsip tersebut penting adanya untuk menjadikan masyarakat yang seimbang serta tidak adanya perpecahan ataupun konflik yang terjadi antara sesama.

Bukan hanya itu prinsip kemasyarakatan juga berguna untuk menumbuhkan budi pekerti bagi setiap individu, hal tersebut yang bisa mendasari agar prinsip ini untuk dikembangkan serta diwariskan kepada generasi penerus sehingga terciptalah masyarakat madani secara terus menerus.


Baca Juga :

icpwa