model pembelajaran puisi

model pembelajaran puisi

model pembelajaran puisi

Menulis puisi berdasarkan imajinasi
Guru perlu membantu siswa untuk mengembangkan imajinasinya, karena biasanya siswa SD masih sulit jika harus menulis puisi berdasarkan daya imajinasi. Perlu dibuatkan suatu hal yang mampu mendorong mereka berimajinasi. Misalkan saja seorang guru menyuruh siswanya untuk memikirkan sebuah TV, lalu beberapa menit kemudian guru menyuruh mereka untuk memikirkan jika TV itu berbentuk bulat. Dengan demikian siswa diharapkan mampu berimajinasi lebih mudah.
b.    Menulis puisi berdasarkan pengalaman sendiri atau orang lain
Model pembelajaran ini sangat mudah dilakukan untuk membantu siswa menemukan sebuah tema puisi dan menyusunnya. Sebagai contoh guru bertanya kepada salah satu siswa tentang pengalaman pesta ulang tahun.
Guru : “apakah kamu pernah merayakan ulang tahunmu?”.
Siswa : “pernah”.
Guru : “seperti apakah rasanya ?”.
Siswa : “saya sangat senang karena mendapat banyak kado dari teman-taman, saya juga mendapat boneka baru pemberian dari ayah”.
Guru : “lalu apa lagi selain itu ?”
Siswa : “suasana ulang tahun saya sangat menyenangkan, saya memakai baju baru dan berdandan cantik”.
Setelah banyak hal terkupas dari sebuah pengalaman terkupas, maka saatnya bagi guru untuk menyuruh siswa agar menuliskan hal-hal menarik dari pengalamannya dalam bentuk puisi sederhana.
Contoh :
Ulang Tahunku
Hari ini ulang tahunku
Aku berdandan cantik seperti puteri
Aku sangat gembira
Ayah memberi hadiah boneka
Ibu memberi hadiah baju baru
Teman-teman datang ke rumahku
Mereka juga membawa hadiah untukku
Hari ini sangat menyenangkan
c.    Menulis puisi berdasarkan gambar
Model pembelajaran ini menggunakan media gambar. Isi gambar bisa bermacam-macam seperti gambar pemandangan, gambar pasar, macam- macam hewan, berkemah, memancing, dan lain-lain disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa SD.
Guru memperlihatkan gambar pada siswa di depanh kelas. Misalkan sebuah gambar pemandangan pantai. lalu adakan sedikit Tanya jawab tentang gambar pantai tersebut, misalkan : apakah kalian pernah pergi ke pantai, apa sajakah yang kalian di tepi pantai, bagaimankah udara di pantai, dan lain-lain yang mampu memunculkan pemikiran dari siswa. Setelah itu, suruhlah agar siswa menuliskan hal-hal yang berhubungan dengan pantai, pengalaman bermain di pantai, atau bisa juga tentang rencana berlibur ke pantai.

sumber :

DRAGON QUEST III 1.0.6 Apk + Mod (Unlimited Money) for android

icpwa