Manfaat Qardh

Manfaat Qardh

Manfaat Qardh

Manfaat qardh dalam praktik perbankan syariah banyak sekali diantaranya sebagai berikut :

  1.  Memungkinkan nasabah yang sedang dalam kesulitan mendesak untuk mendapatkan talangan jangka pendek.
  2.  Al-qardh al- hasan yang merupakan salah satu ciri pembeda antara bank syariah konvensional yang didalamnya terkandung misi sosial, di samping misi komersial.
  3.  Adanya misi sosial-kemasyarakatan ini akan meningkatkan citra baik dan meningkatkan loyalitas masyarakat terhadap syariah.

Manfaat Qardh antara lain :

  1. Membantu nasabah pada saat mendapat kesulitan dengan memberikan dana talangan jangka pendek.
  2.  Pedagang kecil memperoleh bantuan dari bank syariah untuk mengembangkan usahanya, sehingga merupakan misi sosial bagi bank syariah dalam membantu masyarakat miskin.
  3.  Dapat mengalihkan pedagang kecil dari ikatan ulang rentenir, dengan mendapatkan utang dari bank syariah.
  4. Meningkatkan loyalitas masyarakat kepada bank syariah, karena bank syariah dapat memberikan manfaat kepada golongan miskin.

Sumber Dana Qardh

Sifat qardh tidak memberi keuntungan financial. Karena itu, pendanaan qardh dapat diambil menurut kategori berikut :

  1. Al-Qardh yang diperlukan untuk membantu keuangan nasabah secara cepat dan berjangka pendek. Talangan dana diatas dapat diambilkan dari modal.
  2. Al-qardh yang di perlukan untuk membentuk usaha sangat kecil dan keperluan sosial, dapat bersumber dari dana zakat,infaq,dan sedekah. Di samping sumber dana umat, para peraktisi perbankan syariah, demikian juga ulama, melihat adanya sumber dan lain yang dapat dialokasikan untuk / Al-qardh al-hasan,  yaitu pendapatan-pendapatan yang di ragukan, seperti jasa nostro dibank korestponden sebagainya. Salah satu pertimbangn pemanfaatan dana-dana ini adalah kaidah akhaffu dhararain . (mengambil mudharat yang lebih kecil). Hal ini mengingat jika dana umat islam dibiarkan di lembaga-lembaga non muslim mungkin dapat digunakan untuk sesuatu yang merugikan islam, misalnya dana kaum muslimin Arab di bank-bank yahudu Switzerland. Oleh karenannya dana yang parkir tersebut lebih baik diambil dan dimanfaatkan untuk penanggulangan bencana alam membantu duafa.

Baca Juga :

icpwa