Manfaat, Proses dan Jenis Riset Pasar

Manfaat, Proses dan Jenis Riset Pasar

Manfaat, Proses dan Jenis Riset Pasar

Manfaat Riset Pasar

  • Riset pasar yang baik dan keputusan yang berkualitas membuat fakta-fakta dari penelitian pemasaran memastikan bertahan hidup dari bisnis di pasar.
  • Dengan penelitian kualitas pasar, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk bisnis Anda dan dalam waktu yang sama untuk mencegah benang yang akan datang dari pasar.
  • Anda akan selalu tahu dan terus-menerus belajar tentang pelanggan Anda, pesaing Anda dan upaya pemasaran Anda.

Proses Riset Pasar

  • Identifikasi tujuan penelitian;
  • Mengumpulkan data dari pasar;
  • Evaluasi data yang dikumpulkan;
  • Analisis data yang dikumpulkan;
  • Interpretasi data dianalisis;
  • Penyebaran produk akhir dari penelitian untuk pengambil keputusan.

Jenis Riset Pasar

Terdapat dua jenis riset yang dapat dilakukan apabila akan mengetahui informasi mengenai pasar, jenis riset pasar yaitu:

  • Riset Primer

Sumber dari riset primer merupakan target pasar atau target riset secara langsung, tujuan riset pasar primer ini yaitu melakukan pengumpulan informasi untuk mengetahui kondisi/keadaan pasar terkini. Cara yang dilakukan dalam memperoleh data melalui riset primer seperti:


  1. Interview/wawancara secara langsung/face to face maupun tidak langsung “melalui telepon/skype/teleconfrence/videocall”.
  2. Survey/Observasi.
  3. Kuesioner.
  4. Melakukan diskusi secara berkelompok dengan anggota terdiri dari sampel konsumen maupun cutomer potensial untuk memperoleh feedback dari hasil diskusi tersebut.

  • Riset Sekunder

Pada riset sekunder data diperoleh laporan/publikasi/hal yang berkaitan yang telah diterbitkan secara umum. Riset sekunder memiliki tujuan untuk menganalisis data yang telah tersedia yang kemudian menjadi pertimbangan sebuah strategi pemasaran yang jitu.


Sumber: https://thephotograph.co.id/flick-shoot-apk/

icpwa