MANFAAT BAGI LINGKUNGAN

MANFAAT BAGI LINGKUNGANMANFAAT BAGI LINGKUNGAN

Sama halnya manfaat yang di dapat masyarakat, lingkunganpun akan mendapat manfaat yang besar dari adanya upaya-upaya pelestarian flora dan fauna, antara lain:

  • Akan terjadi keseimbangan alam. Maksutnya adalah jika flora dan fauna yang ada di alam tidak mengalami kepunahan, otomatis flofa dan fauna itu sendiri yang akan menata dan menjaga alam agar tetap seimbang. Misalya: Pada flora, jika tumbuhan atau pohon yang ada di alam meninggkat maka polusi udara pun dapat ditekan, Pohon-pohon tertentu yang ada di dalam dapat menyerap kebisingan, dan dapat memberikan oksigen bersih pada kehidupan. Sedangkan pada fauna, adanya hewan- hewan tententu seperti ular, tikus akan terjadi timbale balik antara keduanya, ular memakan tikus agar tumbuhan tetap stabil, contohnya saja tumbuhan padi, hewan tententu yang ada di alam dapat dimanfaatkan untuk membajak sawah seperti kerbau, sapi, dll.
  • Dalam suatu lingkungan yang memiliki flora dan fauna yang melimpah, dapat dijadikan sentra untuk lingkungan itu sendiri dalam mencari sumber kehidupan, dengan adanya flora dan fauna otomatis banyak sekali ketersediaan makanan yang ada di alam.
  • Adanya keseimbangan flora dan fauna yang ada di alam, akan menjadikan lingkungan dalam seadaan serasi dan selaras. Misalnya saja tumbuhan yang berlimpah dapat menekan efek rumah kaca dan pemanasan global.
  • Dll.

MANFAAT BAGI PESERTA DIDIKl

Sekolahlah yang memiliki peran sangat banyak dalam membentuk pribadi seorang anak didik. Di dalam sekolah terjadi berbagai sosialisai antar siswa baik yang berhubungan dengan alam, flofa dan fauna maupun yang sama sekali tidak berhubungan dengan lingkunagan. Sekolah mempunyai hak untuk menuntuk anak didiknya agar lebih baik dari sebelumnya.

Dalam hal menjaga pelestarian flora dan fauna tentunya sekolahlah yang memiliki peran aktif dalam memberikan sosialisasi, sebap di dalam pelajaran sekolah tentunya ada materi yang berhubungan dengan alam terutama tentang menjaga pelestarian flora dan fauna. Dengan adanya sosialisasi lewat pelajaran dan penerapannya di lingjungan sekolah, otomatis dalam diri anak didik akan terbentuk pribadi atau dorongan dalam dirinya untuk menjaga dan memanfaatkan flora dan fauna yang ada di alam dengan sebaik mungkin. Manfaat bagi anak didik antara lain:

  • Peserta didik akan memiliki jiwa social dalam masyarakat, sebap dalam usaha pelestarian flora dan fauna mereka dituntut untuk berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan.
  • Akan mendorong dan memotifasi anak didik untuk menjaga dan memanfaatlkan adanya flora dan fauna yang ada di alam dengan sebaik mungkin.
  • Dapat menambah pengetahuan peserta didik dalam rangka bidang yang berkaitan dengan sekolah maupun yang berkaitan dengan lingkungan.
  • Anak didik akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak dengan adanya sosialisasi dalam bentuk pelajaran, yang dapat membuat anak didik untuk menjaga lingkunan, menjaga kebersihan, tidak melakukan perburuan liar, tidak membuang sampah ke sungai, dll.
  • Anak didikpun akan memotifasi dirinya sendiri untuk menjaga dan melestarikan flora dan fauna, sebap dalam diri mereka sudah timbul rasa untuk menjaga keseimbangan alam. “jika flora dan fauna dalam alam seimbang otomatis lingkungan pun akan seimbang”.
  • Dll.

Sumber: https://dosenpendidikan.id/

icpwa