LANDASAN PENGENALAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

LANDASAN PENGENALAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI

  1. Tingkat Perkembangan Mental Anak
  2. Masa Peka Berhitung Pada Anak
  3. Perkembangan Awal Menentukan Perkembangan Selanjutnya

 MANFAAT PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK AUD

  1. Membelajarkananak berdasarkan konsep matematika yang benar.
  2. Menghindari ketakutan matematika sejak awal.
  3. Membantu anak belajar matematika secara alami melalui kegiatan bermain.

Peran guru dalam mengembangakan kegiatan belajar matematika adalah

  1. Membangun rasa ingin tahu anak secara alami tentang bentuk, ukuran, jumlah, konsep-konsep dasar lain dalam matematika.
  2. Peduli dan tertarik terhadap apa yang dikatakan anak. Hal ini akan mendorong anak untuk menceritakan pengalaman dan penemuan mereka.
  3. Penerimaan terhadap sejumlah kegiatan matematika yang dilakukan anak. Hal ini akan mendorong  kepercayaan diri untuk tetap berpikir, bertanya, dan berbagi pengalaman tentang hal berbagai hal yang dialami anak.
  1. EVALUASI PERKEMBANGAN MATEMATIKA ANAK

Ada beberapa alat evaluasi perkembangan matematika anak:

  1. Pemberian tugas

Adalah cara penilaian dengan memberikan tugas-tugas tertentu sesuai dengan kemampuan yang akan diungkap. Kegiatan yang dapat dinilai melalui pemberian tugas antara lain:

  1. Hasil karya, misalnya:

1)      Meronce

2)      Menghubungkan benda dan angka

3)      Menebalkan angka, dll

  1. Hasil yang diperoleh dari mengatur sesuatu, misalnya:

1)      Menata barang

2)      Mengurutkan benda sesuai dengan urutan ukuran

3)      Mengelompokkan warna, benda menurut bentuk, ukuran, dll

  1. Percakapan

Adalah penilaian yang dilakukan melalui percakapan atau cerita antara anak dengan guru, atau anak dengan anak. Kegiatan matematika yang dapat dievaluasi melalui percakapan, misalnya bercerita, menceritakan kembali cerita yang disampaikan, menceritakan tentang percobaab yang telah dilakukan, dsb.

  1. Observasi/ pengamatan

Adalah alat pengumpul data penilaian yang dilakukan dengan mencatat gejala tingkah laku yang tampak. Misalnya: mengamati tingkah laku anak saat melakukan percobaan.

  1. Portofolio

Adalah pengumpulan hasil karya anak secara sistematik.

  1. Catatan anekdot

Adalah bentuk pencatatan tantang gejala tingkah laku anak yang khusus, baik positif maupun negative. Dengan catatan ini guru dapat mendeteksi anak-anak yang mempunyai potensi pada matematika maupun anak-anak yang berkesulitan dalam menghitung sehingga kita dapat memberikan tindak lanjut yang sesuai.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/

icpwa