KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JANGKA SORONG

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JANGKA SORONG

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JANGKA SORONG

Pada dasarnya suatu alat pasti memiliki kekurangan dan kelebihan nya, berikut adalah kelebihan dari jangka sorong;

  • Kecermatan pembacaan skala yang cukup baik hingga ukuran 0,05 hingga 0,01 milimeter.
  • Dapat mengukur diameter sisi luar suatu benda dengan cara di jepit.
  • Dapat mengukur diameter dalam suatu benda dengan cara di ulur.
  • Dapat mengukur kedalaman suatu benda tentunya.
  • Harga dan perawatan nya terbilang murah.

Diatas telah di jelaskan kelebihan dari jangka sorong, maka berikut adalah kekurangan dari jangka sorong;

  1. Hanya bisa mengukur benda-benda dengan diameter yang kecil, dan tidak bisa mengukur dengan diameter yang besar. Hal ini disebabkan hingga sekarang jangka sorong hanya memiliki suatu ukuran benda tidak mungkin hingga ukuran yang sangat besar.
  2. Bisa terjadi pemuaian pada alatnya. Hal ini terjadi apabila suhu dalam penyimpanan jangka sorong tidak di jaga secara baik, sehingga menyebabkan pemuaian.
  3. Karena sering terjadinya sentuhan antara jangka sorong dan suatu benda secara langsung, maka di khawatirkan secara perlahan terjadinya pengikisan terhadap jangka sorong tersebut. Sehingga berakibat ketidak tepatan pengukuran.
  4. Untuk perawatan simpan dalam suhu yang baik, karena biasanya jangka sorong ini terbuat dari bahan besi yang mudah berkarat apabila terkena cuaca yang lembab.

Kesimpulan nya Jangka Sorong adalah suatu alat yang sangat berguna apabila kita ingin menggunakan nya untuk mengukur diamter suatu benda dengan tepat. Perkembangan jangka sorong ini ternyata di teliti sudah ada sejak zaman Romawi dan Yunani. Setelah itu perkembangan nya cukup pesat hingga pada awal tahun 2000-an yang akhirnya muncul lah jangka sorong digital.

Ketelitian dari jangka sorong ini bisa hingga sekitar 0,05 milimeter. Dengan skala nya ada skala utama dan skala nonius. Perkembangan dari skala nonius nya pun sangat unik. Dari pada awalnya menggunakan skala Vanier akhirnya berubah menjadi skala nonius, terus kembali berubah menjadi skala Vanier hingga beradaptasi hingga sekarang menjadi skala nonius.

Cara penggunaan dari Jangka Sorong sendiri terbilang mudah dan tidak sulit untuk dimengerti. Biasanya apabila seorang guru ingin mengajarkan murid-muridnya bagaimana penggunaan jangka sorong akan mudah, sehingga biasanya pengajaran jangka sorong terjadi pada kelas tujuh sekolah menengah pertama dana kelas delapan sekolah menengah atas.

Jangka sorong yang di gunakan juga terbilang masih jangka sorong yang biasa saja.Untuk jenis-jenis jangka sorong baru bisa muncul setelah abad 19-an. Dengan kegunaan yang bermacam-macam. Tidak mungkin suatu jenis jangka sorong yang biasa dengan teliti digunakan untuk suatu benda yang seharusnya di ukur oleh jangka sorong jenis lain.


Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/

icpwa