Jenis Kecerdasan Majemuk pada Anak

Jenis Kecerdasan Majemuk pada Anak

Dalam mengembangkan kepintaran dan bakat si kecil ini, peran orangtua ialah yang utama. Berikut sekian banyak jenis kepintaran majemuk pada anak yang butuh Anda ketahui:

Kecerdasan linguistik atau kepintaran verbal

Kecerdasan ini melibatkan keterampilan membaca, menulis, mengetahui makna dan urutan kata, keterampilan berbicara, bercerita, pidato, serta tahu pemakaian bahasa yang tepat. Anak yang memiliki kepintaran linguistik lazimnya berbakat dibidang bahasa.

Kecerdasan linguistik ini dapat dipicu dengan teknik sering menyuruh si kecil berinteraksi, memintanya mengisahkan kegiatannya sehari-hari, dan membacakan kisah untuk si kecil.

Kecerdasan matematis atau kepintaran logis

Anak dengan kepintaran logis berbakat dibidang matematika, pemakaian angka, dan keterampilan berlogika. Umumnya, si kecil menyenangi pelajaran matematika, mudah menilik angka, mempunyai minat yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan, dan menyenangi permainan yang melibatkan strategi.

Kecerdasan majemuk pada anak ini dapat ditajamkan dengan permainan analisa dan hitungan, menyuruh si kecil mendatangi museum, atau mengajaknya ke planetarium.

Kecerdasan visual atau kepintaran spasial

Seperti namanya, si kecil yang memiliki kepintaran visual ingin menyukai sesuatu yang berbau visual laksana bentuk, pola, gambar, desain, tekstur. Memiliki khayalan yang tinggi, lebih suka menggambar dibanding bercerita, menyukai format tiga dimensi, dan lebih suka mendeskripsikan sesuatu melewati gambar.

Cara melatih kepintaran ini ialah dengan memintanya menggambar atau melukis, merangkai balok, menuntaskan puzzle, atau bermain warna dengan lilin.

Kecerdasan fisik atau kepintaran kinestetik

Umumnya seorang anak yang memiliki kepintaran jasmani cepat merasa jenuh dan tidak dapat diam dalam masa-masa yang lama. Dia pun selalu aktif, tidak mempunyai rasa capek, tidak jarang kali melibatkan bahasa tubuh saat bercerita, menyukai kegiatan fisik laksana bersepeda, menari, atau olahraga.

Kecerdasan fisik ini dapat diajar dengan mengajaknya bermain tangkap lempar bola, permainan mengawal keseimbangan, menyarankannya ikut les tari atau olahraga, dan mengajaknya bermain peran.

Kecerdasan musikal

Di samping pandai memainkan perangkat musik, seorang anak dengan kepintaran musikal pun mampu mengingat, memahami, dan menciptakan melodi, ketukan, irama, vibrasi, nada, maupun suara menjadi sebuah buaian musik. Kecerdasan majemuk pada anak yang satu ini dapat ditajamkan dengan memintanya memainkan perangkat musik, membuat lagu, memisahkan suara setiap orang, dan mengajaknya memperhatikan suara alam.

Sumber : http://www.zoosper.com/r.php?url=http%253A%252F%252Fwww.pelajaran.co.id/%252Fcontact.php&x=787ad1d1c191d6ec3e230202d1febf78

icpwa