Jenis-Jenis Kucing Persia

Jenis-Jenis Kucing Persia

Jenis-Jenis Kucing Persia

Kucing persia memiliki ciri khas yang lucu dan menggemaskan, tidak sedikit yang bilang bahwa kucing persia mirip boneka.

Setiap jenis Kucing persia memiliki tampilan dan karakteristik yang berbeda, berikut adalah jenis kucing persia yang ada di Indonesia:

1. Kucing Persia Medium

Jenis kucing persia medium atau modern dan memiliki bulu pendek / short hair dan ada pula yang long hair, hidungnya tidak terlalu pesek dan memiliki ukuran tubuh yang standar seperti kucing lainnya.

Kenapa hidung Persia medium mancung tidak seperti jenis lainyya? karena merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia dengan kucing lokal berhidung mancung.

2. Kucing Persia Himalaya

Kucing persia himalaya cenderung gampang dikenali dibanding jenis yang lain, kucing ini merupakan perpaduan dari kucing persia dan kucing siam.

Ciri khas persia himalaya yaitu warna hitam cuma di telinga, hidung, ekor dan ujung-ujung kaki dan selain itu warnanya putih. Warna himalaya lebih cenderung mengikuti kucing siam.

Himalaya  bertubuh gemuk namun berkaki pendek, wajahnya bulat seperti halnya kucing persia lainnya.

3. Kucing Persia Peaknose (hidung pesek)

Kucing Persia peaknose atau hidung pesek adalah salah satu jenis kucing persia yang paling banyak disukai. Kucing ini merupakan kucing persia dengan hidung yang sangat pesek, bahkan semakin pesek hidungnya semakin mahal pula harganya.

Memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih gemuk dibandingkan jenis persia lainnya dan paling sering diikutkan kontes kucing.

4. Kucing Persia Flatnose (hidung datar)

Kucing persia flatnose memiliki ukuran tubuh yang agak gemuk dan bentuk wajahnya bulat dan pipinya gembul.

Bagi sebagian orang memang masih cukup susah membedakan antara kucing persia flatnose dan persia peaknose, karena mereka hampir mirip.

5. Kucing Persia Smoke

Kucing persia smoke memiliki warna yang solid. Namun, warna smoke atau asap akan terlihat saat tertiup angin atau saat kucing bergerak. Ada warna biru, hitam, krem atau merah dan sisanya berwarna smoke.

Ras persia ini secara fisik sangat mirip dengan ras persia tradisional yang membedakannya terletak pada bulu dan warna matanya.

6. Kucing Persia Exotic Shorthair

Kucing persia exotic shorthair merupakan hasil perkawinan kucing persia dengan kucing lokal. Sesuai namanya, jenis kucing persia ini memiliki bulu pendek khas kucing lokal. Selain itu, ciri khas kucing wajahnya terkesan galak dan hidungnya pesek dengan kumis panjang namun jarang.


Sumber: https://guruaria.com/

icpwa