Jenis Jaringan

Jenis Jaringan

Jenis Jaringan

Secara umum jaringan computer dibagi atas tiga jenis, yaitu sebagai berikut:

  1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN) merupaka n jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumber daya (resource, misalnya printer)dan saling bertukaran informasi.

LAN dpat dibedakan dari jenis haringan lainnya berdasarkan ukuran, teknologi ttransmisi, dan topologinya. Teknologi transmisi LAN adalah tansmisi kabel tunggal. Kecepatan transmisi data pada LAN adalah 10 sampai dengan 100 Mbps dengan delay rendah dan factor kesalahan kecil. Topologi LAN yang digunakan biasanya adalah topologi bus dan ring dengan  teknologi transmisi broadcast

  1. Metropolitan Area Network

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar  dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencangkup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi(suasta) atau umum MAN mampu menunjang data suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel.

Standar yang digunakan dalam arsitektur MAN adalah standar DQDB (Distributid Queue Dual Bus) atau 802,6 menurut standar IEEE (Institut of Electricals and Electronic Enginer). DQDB terdiri atass dua buah kabel unidirectional. Semua computer terhubung dengan sebuah bus yang mempunyai head-end, yaitu perangkat untuk memelai aktivitas transmisi data. Lalu lintas menuju komputer yang berada di sebelah kanan menggunakan bus bagian atas, sedang lalu lintas menuju computer bagian kiri menggunakan bus bagian bawah.

  1. Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN) jangkauannya menuurut daerah geografis yang luas, sering kalimmencangkup sebuah Negara bahkan benua. WAN terdiri  dari kumppulan mesin – mesin yang bertujuan untuk menjalankan program – program (aplikasi) pemakai. Jaringan WAN dapat menghubungkan satu computer dengan computer lain dengan menggunakan satelit atau kabel bawah laut. Komunikasi data transformasi data dapat dilakukan dalam beberapa menit antar computer dari beebrapa wilayah atau dari beberapa Negara dengan menggunakan perangkat mesin atau computer yang disebut dengan host. Host dihubungkan dengan sebuah subnet internet. Subnet membawa pesan dari suatu host ke host lainnya. Topologi yang digunakan WAN biasanya topologi tak menentu.

Perbedaan dari jaringan LAN, MAN, dan WAN adalah jangkauan wilayah dan kecepatan pengalihan data. LAn memiliki jangkauan yang terbatas sekitar 2 km, tetapi memiliki kecepatan mencapai 100 Mbps. WAN memiliki jangkauan yang jauh sampai ribuan kilometer, tetapi kecepatan transfer data terbatas sampai 64 kbps.

Topologi jaringan yang digunakan akan sangat menentukan dalam pembuatan atau mendesain hubungan antara sebuah node atau sentral untuk membentuk suatu system jaringan computer.


Sumber: https://penirumherbal.co.id/

icpwa