Jenis dan contoh sumber daya alam terbarukan

Secara umum, definisi sumber daya alam terbarukan adalah jenis sumber daya alam (SDA) yang tidak akan habis karena dapat diproduksi atau diproduksi oleh alam secara terus menerus sehingga dapat digunakan berulang kali oleh manusia.

Pendapat lain menyatakan bahwa definisi sumber daya terbarukan adalah sumber daya alam yang dapat memperbaharui dirinya sendiri atau memiliki kuantitas yang tak terbatas, sehingga dapat digunakan secara terus menerus.

Dengan kata lain, sumber daya alam ini dapat diproduksi atau direproduksi dalam waktu yang relatif singkat, baik secara alami maupun dengan bantuan manusia melalui proses rekayasa.

Jenis dan contoh sumber daya alam terbarukan

Berdasarkan asalnya, SDA ini dapat dibagi menjadi dua jenis. Jenis dan contoh sumber daya alam terbarukan adalah sebagai berikut:

A. Sumber daya hayati alami (biotik)
Sumber daya alam biotik (biotik) adalah sumber daya alam yang sumbernya berasal dari semua makhluk hidup yang ada di alam. Beberapa contoh sumber daya alam adalah sebagai berikut:

1. Vegetasi
sumber daya alam terbarukan
vegetasi
Tumbuhan adalah organisme eukariotik multiseluler yang termasuk dalam kerajaan Plantae. Sebagian besar tanaman dapat menghasilkan energi sendiri (autotropi) dengan bantuan energi matahari melalui fotosintesis.

Tumbuhan memainkan peran yang sangat penting bagi manusia, terutama sebagai sumber makanan. Sumber daya alam dari tanaman dapat diproduksi dalam waktu yang relatif singkat, baik secara alami maupun dengan bantuan manusia melalui proses budidaya.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai sumber makanan bagi manusia, termasuk;

sawah
gandum
Sayuran
buah
gila
umbi
Dan seterusnya

2. Hewan
hewan
Seekor hewan peliharaan
Hewan juga disebut fauna atau hewan, yang merupakan kelompok organisme yang memasuki ranah animalia atau metazoa.

Hewan dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu hewan liar dan hewan peliharaan. Hewan liar adalah hewan yang hidup di alam liar dan bertahan hidup menggunakan sumber makanan yang ada di alam. Padahal hewan peliharaan biasanya mengandalkan makanan yang disediakan oleh manusia.

Berikut adalah beberapa jenis hewan yang bermanfaat bagi manusia, baik sebagai sumber makanan dan kebutuhan lainnya;

sapi
kambing
ikan
Ular
burung
serangga
Dll

3. Mikroorganisme
Saccharomyces Cerevisiae
Saccharomyces Cerevisiae
Mikroorganisme atau mikroba adalah organisme yang sangat kecil (mikroskopis), sehingga diperlukan mikroskop untuk mengamatinya. Mikroorganisme sering bersifat monoseluler dan multiseluler.

Mikroorganisme adalah sumber daya alam yang sangat penting dan bermanfaat bagi manusia. Mikroorganisme digunakan untuk berbagai kebutuhan manusia, mulai dari kesehatan, industri, lingkungan, produksi pangan.

Berikut adalah beberapa mikroorganisme yang digunakan manusia untuk berbagai kebutuhan;

Saccharomyces Cerevisiae untuk fermentasi roti dan produksi pita perekat.
Penicillium Notatum untuk persiapan antibiotik berbasis penisilin.
Monascus Purpureus untuk persiapan pewarna makanan.
Dan lainnya.

B. Sumber daya alam tidak hidup (abiotik)
Sumber daya alam non-biologis (abiotik) adalah sumber daya alam yang berasal dari unsur-unsur alam yang tidak memiliki kehidupan. Dengan kata lain, sumber daya alam non-biologis adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk tidak hidup.

Beberapa contoh sumber daya alam non-biologis adalah sebagai berikut:

1. Sinar matahari
pembangkit energi alternatif
Pembangkit listrik tenaga surya
Sinar matahari adalah sumber daya alam yang diperlukan untuk semua makhluk hidup, terutama manusia. Bagi manusia, sinar matahari dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pencahayaan hingga kesehatan, dan digunakan sebagai energi alternatif untuk pembangkit listrik (panel surya).

2. Air
Pembangkit listrik tenaga air
Pembangkit listrik tenaga air
Air adalah sumber daya alam terbarukan yang selalu diperlukan manusia untuk berbagai kegiatan. Sumber air dapat berasal dari sungai, danau, dan bahkan dari laut.

Selain untuk kebutuhan hidup, manusia juga membutuhkan air untuk keperluan lain. Sebagai contoh; fasilitas transportasi, tenaga air, rekreasi dan sebagainya.

3. Bumi
Bumi dan tumbuhan
Bumi dan tumbuhan
Tanah adalah lapisan atas kerak bumi yang dibentuk oleh bahan organik yang terpapar cuaca buruk dan batu yang hancur secara alami. Bumi digunakan sebagai sarana untuk tanaman di pertanian dan perkebunan karena mengandung nutrisi yang diperlukan untuk tanaman.

Selanjutnya, tanah juga mengandung berbagai mineral dan logam yang diproduksi oleh alam. Mineral dan logam ini dapat digunakan oleh manusia sebagai bahan baku dalam kegiatan industri.

4. Udara
sumber daya alam terbarukan
Pembangkit listrik tenaga angin
Selain air dan tanah, udara adalah elemen yang sangat penting bagi kehidupan manusia dan organisme lain di bumi. Udara mengandung oksigen yang dibutuhkan untuk bernapas makhluk hidup.

Udara adalah sumber daya alam yang terbarukan dan jumlahnya sangat besar. Selain kebutuhan untuk bertahan hidup, manusia menggunakan udara sebagai sumber energi alternatif, atau energi angin.

Sumber terkait : rumus guru

icpwa