Ingin Cepat Sampai Tujuan, Malah Jadi Petaka

Ingin Cepat Sampai Tujuan, Malah Jadi Petaka

Ingin Cepat Sampai Tujuan, Malah Jadi Petaka

Kita bisa membayangkan apa yang terjadi apabila kita memacu kendaraan kita terlalu cepat, satu yang pasti, resiko akan terjadinya kecelakaan akan lebih besar. Agar cepat sampai tujuan! Apakah itu alasan kita? Mungin untuk beberapa orang itu yang menjadi alasan, akan tetapi kita harus mampu berfikir untung ruginya. Apakah nyawa kita sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan apabila bisa mencapai tujuan dengan lebih cepat? Belum lagi resiko kecelakaan yang akan dihadapi orang lain karena perbuatan kita itu. Jika kita memacu kendaraan kita terlalu cepat, tidak menuntut kemungkinan ada orang yang terpancing dan memacu kendaraannya dengan cepat pula.

Satu orang, dua orang, tiga orang, kita tidak tau jumlah orang yang akan terpancing. Bayangkan saja jika ada seratus orang yang ikut memacu kendaraannya dengan cepat gara-gara kita, bertambah besar lagi resiko terjadinya kecelakaan. Semuanya itu terjadi hanya karena diawali oleh satu orang yang memacu kendaraannya terlalu cepat. Jika pada saat itu terdapat 10 orang yang memacu kendaraannya terlalu cepat, berapa orang yang akan terpancing untuk memacu kendaraannya dengan cepat dan yang pasti resiko terjadinya kecelakaan akan semakin bertambah besar.
Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jadetabek pada tahun 2008 sampai dengan bulan Juni, sebesar 3.265 kejadian, dengan jumlah korban sebanyak 4.078 jiwa. Dari jumlah tersebut, 578 jiwa meninggal dunia, 1.274 menderita luka berat, dan 2.226 mengalami luka ringan.

Sebenarnya apabila kita mau berfikir dengan baik, memacu kendaraan dengan kecepatan normal itu tidak akan menyita waktu kita jauh lebih lama dalam perjalanan. Bisa kita ambil contoh, apabila kita anggap kecepatan normal itu 50km/jam. Terdapat seseorang yang ingin memacu kendarannya dengan kecepatan 80km/jam dengan maksud agar cepar sampai tujuan. Misalnya saja jarak yang di tempuh 5km, dengan kecepatan 50km/jam akan sampai dengan waktu 6menit. Dengan kecepatan 80km/jam akan sampai dengan waktu 3,75 menit. Berarti hanya selisih 2,25 menit saja (diasumsikan tidak terjadi kemacetan dalam perjalan).

Sumber : https://jalantikus.app/

icpwa