Contoh Metode Pengamanan Layanan Telematika

Contoh Metode Pengamanan Layanan Telematika

Contoh Metode Pengamanan Layanan Telematika

Contoh Metode Pengamanan Layanan Telematika

Autentikasi

Autentikasi yaitu  Satu metode yang digunakan untuk mengamankan layanan telematika adalah Autentikasi. Autentikasi adalah proses otorisasi yang dibebankan terhadap user pilihan untuk melakukan proses pengecekan user dan password sebelum dapat mengakses peralatan, sistem operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan suatu jaringan komputer. Contoh sederhananya adalah saat kita mengakses file sharing yang terdapat dalam jaringan tertentu, maka autentikasi akan muncul berupa pengecekan user dan password sebelum user dapat mengakses file sharing tersebut. Autentikasi berikutnya adalah autentikasi yang menempel pada masing – masing user, apakah user tersebut hanya bisa membaca saja (read only) atau full service. Metode autentikasi ini terdapat pada jaringan kabel ataupun nirkabel. proses pengenalan peralatan, system operasi, kegiatan, aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan computer. Autentikasi dimulai pada saat user login ke jaringan dengan cara memasukkan password.

Contoh:

Pada penggunaan e-mail, dimana seorang user dalam pengaksesan e-mailnya harus memasukan username dan password terlebih dahulu.

Tahapan Autentikasi:

A)  Autentikasi untuk mengetahui lokasi dari peralatan pada suatu simpul jaringan (data link layer dan network layer)
B)  Autentikasi untuk mengenal sistem operasi yang terhubung ke jaringan (transport layer)
C)  Autentikasi untuk mengetahui fungsi/proses yang sedang terjadi di suatu simpul jaringan (session dan presentation layer)
Autentikasi untuk mengenali user dan aplikasi yang digunakan (application layer)
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamananinformasi dan data. layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan akses control dan auditin.  Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang. Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.

Contoh layanan keamanan yaitu:

a. navigation assistant
b. weather,stock information
c. entertainment and M-commerce.
d. penggunaan Firewall dan Antivirus

 

WEP (Wired Equivalent Privacy)

WEP adalah suatu metode pengamanan enkripsi pertama yang digunakan pada wireless enkripsi yang disetting oleh administrator, dimana user yang ingin terhubung harus memasukkan kombinasi kata yang sesuai dengan enkripsi yang sudah di setting oleh administrator.

Pengamanan WEP dipilih karena  telah memenuhi standar, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Exportable
  • Reasonably Strong
  • Self Synchronizing
  • Computationally Efficient
  • Optional

Firewall
Suatu organisasi dapat melindungi darinya dari dunia luar dengan firewall. Firewall adalah suatu router yang dipasang antara jaringan internal suatu organisasi, dan Internet. Firewall didesain untuk melewatkan paket-paket data tertentu dan memfilter (memblok) yang lainnya.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/

icpwa