CIRI CIRI MASYARAKAT MADANI

CIRI CIRI MASYARAKAT MADANI

CIRI CIRI MASYARAKAT MADANI

1. MENJUNJUNG TINGGI NILAI, NORMA, DAN HUKUM YANG BERLAKU

Ciri-ciri masyarakat madani yang pertama adalah partisipasi masyarakat yang menjunjung tinggi nilai, norma, dan hukum yang berlaku. Ciri ini merupakan salah satu ciri yang ditemui pada masyarakat madani, dikarenakan masyarakat madani adalah masyarakat yang mementingkan kebersamaan serta rasa keadilan yang tinggi.

2. MEMPUNYAI PERADAPAN YANG MAJU

Ciri berikutnya adalah memiliki peradapan yang maju, masyarakat madani dapat tercipta jika masyarakatnya memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Sehingga dapat digunakan untuk kelangsungan hidup baik dirinya sendiri maupun digunakan untuk kepentingan bersama dalam kehidupan kemasyarakatan.

3. MENGEDEPANKAN DERAJAT YANG SAMA

Derajat yang sama akan membuat kehidupan lebih harmonis dan juga bisa berjalan lancar, hal inilah yang menyebabkan kesamaan derajat merupakan hal yang penting untuk terciptanya masyarakat madani yang baik dan benar.

4. SIKAP DAMAI DAN SUKA MENOLONG

Sikap damai dan tolong menolong maksudnya disini seseorang individu maupun kelompok memiliki sifat solidaritas yang tinggi. Tidak adanya konflik merupakan hasil dari sikap ini, selain itu dengan adanya sikap tersebut tidak ada kelompok maupun individu yang tertindas. Sehingga damai dan tolong menolong menjadi salah satu ciri-ciri yang dimiliki oleh masyarakat madani.

5. KESEIMBANGAN HAK DAN KEWAJIBAN SOSIAL

Dalam kehidupan masyarakat madani tidak ada perbedaan antara satu individu dengan individu lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban yang harus dimiliki oleh setiap individu. Masing-masing individu memiliki hak yang bisa mereka gunakan dan juga memiliki kewajiban yang harus dilakukan dalam menjalani masyarakat madani tersebut.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/

icpwa