CARA BELAJAR BISNIS BAGI PELAJAR SMA

BAGAIMANA CARA BELAJAR BISNIS SENDIRI BAGI PELAJAR SMA

Belajar bisnis baiknya memang dibuka sejak dini, sebab saat masih muda dan sekolah masa-masa luang yang terdapat cukup tidak sedikit dibandingkan dengan mereka yang telah bekerja dan berkeluarga. Daripada masa-masa luang yang terdapat terbuang sia-sia, lebih baik kalian belajar bisnis sendiri saja. Ada tidak sedikit bisnis yang dapat dilakoni oleh pelajar SMA dan memerlukan modal yang kecil dengan deviden yang lumayan besar. Yuk, simak bagaimana metodenya belajar bisnis sendiri untuk pelajar SMA inilah ini.

1. Bisnis Itu Berkembang
Pertama-tama yang mesti kalian pelajari ialah bisnis tersebut berkembang, jadi harapannya bisnis kalian tumbuh dan semakin besar. Kalau keseharian kalian melulu menunggu dan mengharap orang melakukan pembelian sebagai ekstra uang saku dan tidak ada pertumbuhan di dalamnya, tersebut bukan bisnis namanya.

Contohnya sebagai berikut, bisnis kalian ialah jualan pulsa. Sebagai tadinya kalian berjualan pulsa melulu kepada orang-orang sekitar melewati telepon genggam. Supaya bisnis kalian berkembang, terdapat baiknya hasil deviden kalian tabung sebagai modal guna membuka kios baru dan memperkerjakan karyawan di unsur penjualan. Jangan lupa mengerjakan inovasi, antara beda dengan memasarkan produk beda di samping pulsa. Itulah yang disebut perkembangan bisnis.

2. Tentukan Jenis Usaha
Langkah kesatu belajar bisnis sendiri ialah menilai jenis usaha yang bakal kalian geluti. Pastikan jenis usaha kalian ini cocok dengan minat dan bakat. Kalau kalian berbakat menulis, kalian dapat membuka usaha penulisan, bila kalian berbakat gambar dan desain, dapat jadi membuka usaha jasa desain grafis ialah yang sesuai buat kalian.

Jalankan usaha yang cocok dengan kesenangan kalian, karena bila kalian tidak suka dengan bisnis yang digeluti seringkali malah separuh hati ketika menjalankan bisnis tersebut. Jalankan bisnis kalian dengan sukacita dan gembira.

3. Lakukan Survei
Setalah tahu jenis usaha yang bakal kalian jalankan, segera kerjakan survei. Hal ini penting dilaksanakan supaya kalian tahu besarnya kesempatan dan tingkat kompetisi usaha yang sejenis dengan bisnis yang kalian rintis. Kalian pun harus mempelajari harga dan formalitas pelayanan yang ditawarkan oleh bisnis yang sejenis sampai-sampai kalian dapat mempunyai strategi yang bertolak belakang dengan bisnis yang lain. Nah, yang sangat penting dengan survei ini ialah kalian dapat mengetahui daya beli konsumen. Jangan hingga kalian memasarkan barang yang tidak tercapai oleh pembeli atau target pasar ya.

4. Siapkan Modal
Modal tersebut sebenarnya tidak sedikit macamnya. Ada yang mesti modal kuota internet untuk mereka yang berbisnis online, ada pun yang mesti modal deposit mula bagi mereka yang hendak berbisnis pulsa. Nah, dari mana kalian dapat mendapatkan modal ini? Kalian dapat mendapatkannya dari orang tua kalian atau dengan teknik menyisihkan duit saku harian.

Kalian dapat terus cerah bilang untuk orangtua bahwa kalian berniat belajar bisnis sendiri. Orang tua kalian tentu dengan senang hati meminjamkan modal untuk kalian, meskipun jumlahnya tidak terlampau besar.

5. Buat Perencanaan
Perlu kalian ketahui bahwa tidak sedikit bisnis tidak berhasil bukan sebab kecilnya modal melainkan sebab perencanaan yang tidak cukup matang. Perencanaan yang matang ini urgen untuk mengantisipasi kegagalan bisnis ke depannya. Bagaimana sih menciptakan perencanaan yang matang? Nah, di etape perencanaan kalian antara beda harus mempersiapkan yang namanya visi, misi, strategi bisnis, destinasi bisnis, formalitas dan perkiraan yang diperlukan untuk mengerjakan bisnis tersebut.

6. Promosikan Produk Kalian
Kanal promosi bisnis sekarang tidak sedikit macamnya, terdapat yang dari mulut ke mulut, ada pun yang melewati media sosial. Anak muda yang paham teknologi laksana kalian tentunya mempunyai akun sosial media, sebagai permulaan kalian dapat mempromosikan barang atau jasa yang kalian tawarkan melewati akun sosial media laksana Facebook, Twitter, dan Instagram. Membangun bisnis sendiri dari nol memang memerlukan strategi pemasaran yang baik. Jangan lelah berlatih menjual produk kalian lewat akun sosial media kalian.

7. Belajar dari Ahlinya
Untuk memperdalam kemahiran bisnis kalian, terdapat baiknya belajar bisnis pada ahlinya. Jangan khawatir, kalian dapat mendapatkan sekian banyak pelajaran mengenai bisnis secara cuma-cuma lewat internet. Dewasa ini banyak software dan situs penyedia kursus yang menyerahkan kursus cuma-cuma online, kalian melulu perlu rajin-rajin browsing di internet untuk kesempatan kursus gratis. Sumber : pelajaran.co.id

icpwa