Bidang-Bidang Keilmuan

 Bidang-Bidang Keilmuan

1)        Ilmu Alam

  1. a)Fisika
  2. b)Biologi
  3. c)Kimia
  4. d)Ilmu Bumi

2)        Ilmu Sosial

3)        Ilmu Terapan

Dari semua jenis ilmu pengetahuan yang kami sebutkan di atas, masing-masing memiliki cabang-cabang tersendiri yang merupakan bagian dari ilmu tersebut.

  1. Keterampilan Proses Sains

1)        Pengamatan (observasi)

Mengamati adalah proses pengumpulan data tentang fenomena atau peristiwa dengan menggunakan inderanya. Untuk dapat menguasai keterampilan mengamati, siswa harus menggunakan sebanyak mungkin inderanya, yakni melihat, mendengar, merasakan, mencium dan mencicipi. Dengan demikian dapat mengumpulkan fakta-fakta yang relevan dan memadai.

2)        Penggunaan Bilangan

Penggunaan bilangan meliputi pengurutan, penghitungan, penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan.

3)        Pengklasifikasian

Mengelompokkan adalah suatu sistematika yang digunakan untuk menggolongkan sesuatu berdasarkan syarat-syarat tertentu. Proses mengklasifikasikan tercakup beberapa kegiatan seperti mencari kesamaan, mencari perbedaan, mengontraskan ciri-ciri, membandingkan, dan mencari dasar penggolongan.

4)        Pengukuran

Pengukuran adalah penemuan ukuran dari suatu objek.

5)        Identifikasi dan Pengontrolan Variabel

Ø  Variabel Manipulasi/Bebas

Ø  Variabel Respon/Terikat

Ø  Variabel Kontrol/Pengendali

6)        Pendefinisian Variabel Secara Operasional (PVSO)

PVSO adalah perumusan suatu definisi yang berdasaran pada apa yang dilakukan atau di amati. Suatu definisi operasional mengatakan bagaimana suatu tindakan atau kejadian brlangsung, bukan apakah tindakan atau kejadian itu.

7)        Perumusan Hipotesis

Hipotesis adalah suatu perkiraan yang beralasan untuk menerangkan suatu kejadian atau pengamatan tertentu.

8)        Melakukan Eksperimen

Agar siswa dapat memiliki keterampilan merencanakan percobaan maka siswa tersebut harus dapat menentukan alat dan bahan yang akan digunakan dalam percobaan. Selanjutnya, siswa harus dapat menentukan variabel-variabel, menentukan variabel yang harus dibuat tetap, dan variabel mana yang berubah. Demikian pula siswa perlu untuk menentukan apa yang akan diamati, diukur, atau ditulis, menentukan cara dan langkah-langkah kerja. Selanjutnya siswa dapat pula menentuk

 

ARTIKEL TERBARU

icpwa