Berbagai Macam Jenis Jenis Tanaman Palawija

Berbagai Macam Jenis Jenis Tanaman PalawijaBerbagai Macam Jenis Jenis Tanaman Palawija

Palawija berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti tanaman kedua. Tanaman kedua disini maksudnya adalah tanaman pengganti padi. Penanaman palawija dilakukan biasanya saat setelah panen padi dimana sawah memiliki sedikit air. Palawija dipilih karena tanaman ini termasuk jenis tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari. Perawatan palawija sendiri tidaklah rumit, cukup menjaga dari serangan hama dan gulma saja palawija dapat tumbuh dengan baik.

Namun tetap saja tingkat kesuburan tanah menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil yang didapat saat panen. Tumbuhan palawija pun beraneka ragam jenisnya, namun ada beberapa tanaman palawija yang umum ditanam untuk menggantikan padi.

Baca Juga : Jenis Tanaman Palawija Yang Menguntungkan

Macam-macam jenis tanaman palawija

Jagung
Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidran selain dari gandum dan padi. Jagung banyak menjadi pilihan petani untuk palawija karena mudah untuk ditanam. Untuk dapat tumbuh, jagung memerlukan sinar matahari langsung serta tingkat kadar air yang tidak terlalu banyak. Selain itu jagung juga termasuk tanaman yang dapat tumbuh diberbagai jenis tanah.

Perawatan yang cukup mudah serta permintaan cukup tinggi dipasaran membuat jagung menjadi pilihan para petani untuk palawija. Penanaman jagung biasanya dengan cara membuat bedengan dengan parit-parit disampingnya. Hal ini dimaksudkan karena jagung termasuk tanaman yang tidak bisa bertahan terhadap genangan air. Oleh karena itu, bedengan dan parit akan membuat air mengalir dan tidak menggenangi batang jagung.

Kacang Hijau

Kacang hijau juga merupakan jenis palawija favorit karena kaya akan manfaat serta nikmat saat diolah. Selain untuk diambil bijinya untuk diolah menjadi beragam makanan, kacang hijau juga sering dibudidayakan untuk menjadi sayuran touge. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh.

Di Indonesia sendiri kacang hijau sering diolah menjadi bubur kacang hijau yang merupakan makanan yang sangat sering kita jumpai.
Kedelai

Kedelai temasuk jenis polong-polongan yang sangat sering digunakan untuk beragam bahan makanan. Di Indonesia sendiri kedelai bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan Tempe, Tahu dan kecap. Selain itu kedelai pun banyak diolang menjadi minuman sehat yang dikenal sebagai susu kedelai.

Pada 2013 lalu harga kedelai dunia sempat melambung sangat tinggi, ini membuat banyak pengusaha tempe dan tahu mengalami kerugian bahkan gulung tikar karena tidak mampu membeli bahan baku. Pemanfaatan kedeleai adalah dari bijinya, dan kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang cukup digemari di Indonesia

Singkong

Artikel terkait : Berbagai Macam Jenis Jenis Tanaman Palawija

Cara Mematikan Pohon Yang Besar Tanpa Harus Menebangnya
Menebang pohon dengan ukuran besar memang bukanla …

Insektisida Alami Pembasmi Kutu Putih Pada Tanaman
insektisisa adalah zat untuk membasmi hama pada t …
Singkong merupakan sumber makanan yang dijadikan bahan pokok bagi beberapa daerah di Indonesia karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Selain umbinya, tumbuhan singkong juga sering diambil daun mudanya untuk dijadikan sayuran. Tumbuhan yang mampu mencapai tinggi 7 meter memiliki umbi yang sangat kaya akan karbohidrat tapi sangat miskin protein. Protein yang tinggi justru bisa didapat memalui pucuk daunnya.

Nutrisi daun singkong

NUTRISI SATUAN KADAR
Protein gram 6.8
Kalsium mg 165
Fosfor mg 54
Besi mg 2.0
Vitamin A IU 11000
Vitamin C mg 275

Mentimun

Mentimun atau ketimun juga merupakan salah satu jenis palawija yang diambil buahnya. Tumbuham merambat ini biasanya dipanen saat buahnya masih muda. Buah timun muda inilah yang biasanya dijadikan sayuran ataupun minuman. Mentimun sangat mudah dijumpai diberagam jenis hidangan-hidangan di Indonesia.

Selain itu mentimun juga banyak dimanfaatkan industri kecantikan sebagai bahan bagu kosmetik.Mentimun bersifat mendinginkan dan juga membersihkan, yang bermanfaat untuk kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.

ARTIKEL TERBARU

icpwa