Bentuk praktik demokrasi

 Bentuk praktik demokrasi

Terkait pengembangan paham demokrasi ini perlu juga dikemukakan bentuk atau macam-macam praktik demokrasi di berbagai belahan dunia. Macam-macam demokrasi sebenarnya banyak digunakan suatu negara dengan banyak macam-macamnya. Jadi mengenai macam-macam demokrasi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu demokrasi langsung (direct demokrasy) dan demokrasi tidak langsung (inderect demokrasy). Demokrasi langsung terjadi bila rakyat mewujudkan kedaulatan politiknya dilakukan secara langsung, keberadaan lembaga legislatif hanya berfungsi sebagai pengawas atau pengontrol jalannya pemerintahan. Sementara itu, pemilihan penjabat eksekutif (presiden, wakil presiden, gubenur, bupati, dan wali kota) di pilih secara langsung oleh rakyat. Demikian juga pemilihan anggota legislatif (DPR dan DPRD).

Demokrasi tidak langsung terjadi jika untuk mewujudkan kedaulatan politiknya rakyat tidak berhadapan  secara langsung dengan pihak eksekutif, melainkan melalui lembaga perwakilan harus lebih aktif dan peka terhadap suara rakyat untuk disampaikan kepada pihak eksekutif agar ditindak lanjuti dalam kebijakan dan program aksi. Dalam pengertian seperti ini demokrasi tidak langsung dapat disebut demokrasi perwakilan (Dede Rosyada, dkk, 2003: 122).

Sedangkan dilihat dari titik berat paham atau prinsip ideologi yang dianut, demokrasi terbangi menjadi 3 model berikut:

  1. Demokrasi Liberal.

Demokrasi liberal adalah demokrasi yang didasarkan dari hak individu  suatu warga negara. Dimana setiap individu dapat mendominasi dalam demokrasi ini. Pemerintah tidak akan banyak ikut campur dalam kehidupan masyarakat dimana pemerintah memiliki kekuasaan terbatas. Demokrasi liberal disebut juga dengan demokrasi konstitusi yang dibatasi oleh konstitusi.

  1. Demokrasi komunis

Demokrasi komunis adalah demokrasi yang didasarkan dari hak pemerintah di negaranya dimana pemerinta mendominasi atau memengang kekuasaan tertinggi. Demokrasi komunis tidak dibatasi dan bersifat totaliter yang membuat hak setiap individu tidak ada pengaruhnya pada pemerintah.

  1. Demokrasi pancasila

Demokrasi pancasila adalah demokrasi yang didasarkan dari ideologi indonesia., yaitu pancasila berdasarkan dari tata sosial dan budaya bangsa indonesia. Demokrasi pancasila merupakan yang dianut indonesia.

Berdasarkan fokus perhatiannya, demokrasi dibagi menjadi tiga sebagai berikut:

  1. Demokrasi formal, adalah demokrasi yang berfokus dari bidang politik tanpa mengurangi  kesenjangan ekonomi
  2. Demokrasi material, adalah demokrasi yang berfokus dibidang ekonomi tanpa mengurangi kesenjangan politik
  3. Demokrasi gabungan, adalah demokrasi yang berfokus sama besar baik dibidang politik dan ekonomi.

https://tokopediaaplikasi.id/voice-recorder-pro-apk/

icpwa