Benarkah Bawang Sudah Dicincang dan Dibiarkan Lama Bisa Beracun?

Benarkah Bawang Sudah Dicincang dan Dibiarkan Lama Bisa Beracun? – Bawang putih, bawang merah dan bawang bombay mungkin telah bukan benda asing lagi di dapur. Hampir seluruh kuliner menggunakan bawang menjadi bumbu kuliner. Setelah dikupas dan dicincang, memang usahakan bawang pribadi diolah atau dimasak, tidak dibiarkan terkena udara sampai lama . Salah satu alasannya merupakan bawang akan berubah warna & tidak segar lagi.

Tetapi tahukah kalian? Ternyata banyak orang yang menduga bahwa bawang yg sudah diiris, dicincang & dibiarkan terkena udara terlalu usang mampu mengakibatkan racun apabila permanen diolah & dimakan. Benarkah?

Bawang yg sudah dipotong dan dibiarkan terkena udara terlalu lama , tidak segera dimasak akan mengumpulkan bakteri dan berbahaya buat kesehatan karena mengakibatkan racun ketika dimakan. Secara umum, bawang memang bersifat anti bakteri & obat alami apabila dikonsumsi eksklusif, namun tidak banyak yg tahu bagaimana efeknya jika dimakan pada kondisi sudah lama terkena udara dalam keadaan sudah dipotong-pangkas.

Tetapi dilansir menurut Real Simple, seorang ahli keamanan pangan Ellen Steinberg, PhD, R.D., L.D., mengatakan bahwa tak terdapat bukti atau validasi ilmiah yang mendukung asumsi ini sama sekali. Salah satu alasannya, karena susunan kimiawi bawang tidak mendukung pertumbuhan bakteri.

PH rendah dalam bawang yaitu bersifat asam dan kandungan protein rendah adalah syarat yang menandakan bahwa bawang bukan tempat berkembang biak yg ideal buat kuman, virus atau patogen lainnya. Sebaliknya, bawang mengandung senyawa yang mempunyai sifat antibakteri.

Hal ini jua diungkapkan Asosiasi Bawang Nasional dan Pusat Kesehatan dan Keamanan Pangan berdasarkan University of Georgia bahwa air yang keluar saat bawang dipotong justru akan membunuh atau mencegah aneka macam tipe mikroorganisme tumbuh, termasuk beberapa mikroorganisme yang menyebabkan keracunan makanan dalam manusia. Sumber: http://tiny.cc/29t7zy

icpwa