Beberapa Jenis Tanaman Palawija Yang Menguntungkan

Beberapa Jenis Tanaman Palawija Yang MenguntungkanBeberapa Jenis Tanaman Palawija Yang Menguntungkan

Palawija adalah sebutan bagi tanaman pengganti padi atau tanaman pendamping yang biasanya ditanam diantara sela-sela tanaman utama. Kata palawija identik dengan tanaman pelengkap agar dapat mengisi kekosongan pada lahan. Biasanya hasil palawija hanya dimanfaatkan petani untuk konsumsi sediri atau pemasaran terbatas. Namun beberapa jenis palawija berikut ini ternyta memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Bahkan beberapa jenis tanaman palawija yang menguntungkan ini bisa mengalahkan nilai dari tanaman utama. Apa saja jenis palawija yang menguntungkan tersebut ?

jenis tanaman palawija yang menguntungkan

Tanaman Palawija Yang Menguntungkan

Keuntungan dari tanaman palawija berikut ini bukan hanya dari segi harga, namun juga dari pangsa pasar yang luas serta kecepatan masa panennya. Beberapa jenis palawija tersebut juga cukup mudah dalam perawatan dan pembudidayaanya. Berikut ini adalah beberapa jenis palawija yang menguntungkan untuk ditaman :

Sayur Bayam
Sayur bayam memang memiliki harga yang cukup murah. Namun sayur bayam memiliki nilai bisnis yang cukup menguntungkan. Jenis palawija ini dapat dipanen setiap hari karena pertumbuhannya yang amat cepat. Bayam juga termasuk sayuran yang cukup laku dipasaran, sayur ini banyak sekali dijadikan berbagai macam olahan sehari-hari. Bayam juga termasuk sayuran yang sangat kaya akan manfaat.
Artikel terkait : Beberapa Jenis Tanaman Palawija Yang Menguntungkan

Manfaat Serta Ciri-Ciri Pohon Karet Kebo Atau Pohon Karet Merah
Pohon karet kebo adalah sebutan dalam bahasa jawa …

Solusi Mengatasi Hama Dan Penyakit Kacang Panjang
Kacang panjang adalah salah satu jenis tanaman pa …
Sayur kangkung
Berikutnya hampir sama dengan bayam, yaitu sayur kangkung. Kangkung juga memiliki pertumbuhan yang cukup cepat. Kangkung bisa menjadi pilihan jenis palawija yang cukup menggiurkan. Kangkung sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia, sayuran ini juga amat digemari dalam berbagai masakan. Kangkung layak menjadi palawija menguntungkan karena sayuran ini termasuk mudah perawatannya, selain itu dia juga mampu hidup diberbagai tempat.

Sayur Pare
Masih dari keluarga sayuran, kali ini adalah pare. Sayur ini memiliki rasa yang pahit dan memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Walaupun pahit, ternyata sayur ini cukup laris dipasaran, selain dijadikan olahan masakan seperti siomay, pare juga digunakan sebagai obat herbal bahkan untuk perawatan kecantikan. Tanaman yang memiliki berbagai nama ini layak masuk dalam kategori palawija yang menguntungkan.

Tomat
Tanaman yang satu ini juga masuk dalam daftar palawija yang menguntungkan. Bagaimana tidak, harga tomat perkilonya cukup tinggi selain itu biaya dan perawatanya cukup mudah. Budidaya tomat juga termasuk cepat, biasanya tomat sudah mulai bisa dipanen ketika umur 3 bulan.

Parika
Anda pasti tahu paprika kan? papri juga termasuk dalam jenis palawija bernilai ekonomis tinggi. Harga palawija yang satu ini termasuk dalam kategori mahal. Di pasaran harga paprika bisa mencapai 50.000/kg nya, bahkan jika di jual di pasar modern harganya paprika hijau bisa mencapai 15.000 per Buah !. Bagaimana tertarik membudidayakan paprika?

Sumber: https://menitpertama.id/tonggak-id-hadirkan-bank-data-masalah-di-indonesia/

icpwa