Bahasa Baru Generasi Milenial Itu Bernama ‘Coding’

Bahasa Baru Generasi Milenial Itu Bernama ‘Coding’

Bahasa Baru Generasi Milenial Itu Bernama ‘Coding’

Bahasa Baru Generasi Milenial Itu Bernama ‘Coding’

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini telah menjadi suatu kekuatan yang mampu menguasai dunia. Bahkan beberapa negara Asia seperti Korea, China, dan India sudah masuk dalam arus dan mendominasi industri.

Banyak start up yang muncul dan tumbuh dari negara-negara tersebut

. Memasuki era teknologi abad 21, kini ada bahasa baru generasi milenial dalam memasuki era teknologi abad 21, yaitu: coding.

Banyak orang menganggap coding sebagai pemrograman, padahal coding merupakan salah satu dari langkah-langkah pemrograman. Coding adalah menerjemahkan persyaratan logika dari pseudocode atau diagram alur ke dalam suatu bahasa pemrograman baik huruf, angka, dan simbol yang membentuk program.

Untuk coding, harus mengikuti sintaks-sintaks yang berlaku di bahasa program

yang dipilih. Sedangkan sintaks sendiri adalah aturan bahasa pemograman. Bahasa pemograman memiliki tata bahasa sendiri, sama seperti bahasa manusia.

Akan tetapi, komputer tidak bisa memaafkan seandainya menggunakan aturan tersebut dengan tidak benar. Jika sintaks yang dimasukkan tidak sesuai, maka program pun tidak akan jalan.

Indonesia, negara dengan potensi populasi terbesar ke-4, masih kekurangan developer program berkualitas. Untuk mengisi kekurangan talenta tersebut, banyak start up dan perusahaan kemudian lebih memilih merekrut pekerja asing.

Saat ini masih banyak lulusan Tehnik Informatika di Indonesia tapi

belum mendapat pekerjaan. Kendalanya ada pada penggunaan bahasa Inggris atau kurang dalam penguasaan bahasa pemrograman.

Selain kendala bahasa, mahalnya pembelajaran bahasa pemograman juga menjadi salah satu alasan, mengapa coding masih menjadi studi. Hal inilah yang kemudian mendorong Nicholas Rahardja dan Marco Widodo, siswa British School Jakarta merilis platform BelajarCoding.online. Kedua siswa tersebut berkeinginan membantu meningkatkan jumlah anak muda Indonesia yang ingin belajar dan mengerti apa itu coding.

Kehadiran BelajarCoding diharapkan dapat memecahkan masalah dengan mengajarkan pelajaran coding dalam bahasa Indonesia dengan mudah dan menarik bagi orang banyak. Nicholas mengatakan, BelajarCoding hadir untuk melayani.

 

Baca Juga :

 

 

icpwa