Kimia Asam Lemak Omega 3 Dan Sejarahnya

Asam lemak omega 3

Omega 3 – 3 asam lemak (ω – 3) adalah lemak yang biasa ditemukan dalam minyak akuatik dan minyak nabati. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak dengan ikatan ganda politakjenuh-dua (C = C) dimulai setelah atom karbon ketiga dari satu ujung rantai karbonya. Asam lemak ini memiliki dua ekstremitas: satu ujung bersifat asam (COOH) dan ujung lainnya adalah metil (CH3). Lokasi ikatan – dua yang pertama ditentang oleh ujung metil, yang juga dikenal sebagai ujung omega (ω) atau n.

Efek kesehatan dari suplemen asam lemak omega-3 masih kontroversial. Asam lemak ini dianggap asam lemak esensial, yang berarti bahwa asam lemak ini tidak dapat disintesis oleh tubuh manusia tetapi sangat penting untuk metabolisme normal. Meskipun mamalia tidak dapat mensintesis asam lemak omega-3, ia memiliki kemampuan terbatas untuk membentuk omega-3 rantai panjang, termasuk asam eicosapentaenoic (EPA, 20 atom karbon dan 5 ikatan ganda), asam docosahexaenoic (DHA, 22 karbon dengan 6 double obligasi) dan asam α-linolenat (ALA, 18 karbon dengan 3 ikatan ganda).

Sumber umum asam lemak n-3 termasuk minyak ikan, minyak rumput laut, minyak cumi-cumi dan beberapa minyak sayur seperti minyak biji rami, ekium dan minyak. Juga, jangan lupa bahwa cakar ayam mengandung banyak asam lemak omega-3.

kimia

Asam lemak n-3 yang penting dalam fisiologi manusia adalah asam alfa-linolenat (18: 3 n-3; ALA), asam ekosapenta (20: 5, n-3; EPA) dan asam docosahexaenoic (22: 6 n – 3; DHA). Polimer jenuh memiliki 3, 5 atau 6 ikatan ganda dalam rantai atom karbon 18, 20 atau 22, masing-masing. Seperti kebanyakan asam lemak alami, semua ikatan rangkap dalam konfigurasi cis; dengan kata lain, dua atom hidrogen berada di sisi yang sama dari ikatan rangkap.
Daftar n – 3 asam lemak

sejarah

Meskipun asam lemak omega-3 diketahui penting untuk pertumbuhan dan kesehatan normal sejak tahun 1930-an, kesadaran akan manfaat kesehatan omega-3 telah meningkat secara dramatis sejak tahun 1990-an.
Manfaat kesehatan dari asam lemak rantai panjang omega-3 – terutama EPA dan DHA adalah yang paling dikenal. Keuntungan ini ditemukan pada tahun 1970 oleh beberapa peneliti yang mempelajari Inuit of Greenland. Orang Inuit di Greenland mengonsumsi banyak lemak dari ikan, tetapi hampir tidak ada penyakit jantung. Tingginya tingkat asam lipo omega-3 yang dikonsumsi oleh orang-orang inuit mengurangi trigliserida, denyut jantung, tekanan darah dan aterosklerosis.

Pada 8 September 2004, Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS memberikan status “kualitas sehat” untuk asam lemak EPA dan DHA n-3, yang menyatakan bahwa “Penelitian yang mendukung tetapi tidak konklusif menunjukkan bahwa konsumsi EPA (n-3) asam lemak dan DHA dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Jangan menerima bahwa ada bukti yang cukup untuk masing-masing manfaat yang disarankan oleh DHA dan EPA selain kesehatan jantung, dan permintaan lebih lanjut harus ditangani dengan hati-hati.

Sumber : https://rumus.co.id

icpwa