Andy Rubin Essential dimatikan

Andy Rubin Essential dimatikan

 

Andy Rubin Essential dimatikan

Andy Rubin Essential dimatikan

Sudah beberapa minggu yang sulit di dunia smartphone. Pertama BlackBerry Mobile mengumumkan akan segera

berhenti menjual ponsel. Kemudian perusahaan-perusahaan mulai menarik diri dari Mobile World Congress karena ketakutan akan virus corona, sampai peristiwa besar itu dibatalkan sama sekali hari ini. Dan sekarang Essential, perusahaan telepon yang diciptakan oleh salah satu pendiri Android Andy Rubin, telah mengumumkan penutupannya juga.

Di satu sisi, berita itu mengejutkan, mengingat baru pada bulan Oktober perusahaan mengumumkan sedang mengerjakan smartphone “sangat berbeda” yang dijuluki Project GEM . Perangkat ramping dan berbentuk candybar ini merupakan perubahan kecepatan yang bagus dari pelat ponsel biasa, dan jika kualitas build bertahan pada Essential Phone asli, itu bisa menawarkan sesuatu yang unik di pasar smartphone yang dihomogenisasi.

Namun, dengan mengambil perspektif yang lebih luas, kehancuran perusahaan seharusnya tidak mengejutkan. Sebaiknya PH-1 berakhir setelah beberapa pembaruan, ia memulai peluncuran berbatu berkat perangkat lunak kasar dan kamera biasa-biasa saja. Itu diluncurkan dengan mahal (untuk saat itu) $ 700 dolar tidak membantu (kalau saja kita tahu seberapa cepat harga ponsel akan naik …).

Tapi mungkin faktor yang lebih besar adalah tuduhan pelanggaran seksual terhadap Rubin. Rubin meninggalkan Google pada tahun 2014, tetapi laporan tentang hubungan yang tidak pantas dengan bawahan dan penutupan oleh Google muncul pada tahun-tahun sesudahnya. Rubin mengatakan laporan itu berisi “banyak ketidakakuratan” dan “berlebihan berlebihan,” tetapi ia mengambil cuti setelah laporan awal dan tampaknya mengambil peran yang lebih tenang di Essential sesudahnya.

Pada akhirnya, tampaknya proyek itu tidak layak secara finansial. Perusahaan mengumumkan penutupan di sebuah posting blog yang tenang:

Pada bulan Oktober, kami memperkenalkan Project GEM , pengalaman seluler baru yang telah dibangun dan diuji

oleh tim perangkat keras, perangkat lunak, dan cloud kami selama beberapa tahun terakhir. Visi kami adalah menciptakan paradigma komputasi mobile yang lebih terintegrasi dengan kebutuhan gaya hidup masyarakat. Terlepas dari upaya terbaik kami, kami sekarang telah mengambil Permata sejauh yang kami bisa dan sayangnya tidak memiliki jalur yang jelas untuk mengirimkannya kepada pelanggan. Mengingat hal ini, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan operasi dan mematikan Essential.

Sebagai hadiah perpisahan, Essential membagikan beberapa video Project GEM dan antarmuka uniknya.

Namun ponsel mungkin telah berubah, tampaknya itu setidaknya akan memberikan entri unik di pasar ponsel yang ramai.

Essential shutdown adalah berita buruk bagi pemilik PH-1 asli juga; perusahaan tidak akan lagi menyediakan pembaruan atau dukungan untuk perangkat.

Meskipun ponsel ini keluar pada tahun 2020, Essential telah sangat konsisten dalam menyediakan pembaruan cepat,

memberikan PH-1 beberapa dukungan jangka panjang terbaik yang kami lihat dari perangkat apa pun di pasaran. Terkadang, Essential bahkan lebih cepat untuk memberikan pembaruan untuk PH-1 daripada Google sendiri untuk Pixel.

Essential adalah salah satu perusahaan baru yang paling menjanjikan di industri teknologi, tetapi seperti kata pepatah, perangkat keras sulit – bahkan untuk orang yang membantu menciptakan Android.

Baca Juga:

 

icpwa